SOLOPOS.COM - Warga dan sukarelawan berkerumun di rumah Ahmad Ariyanto, 33, warga Plalar, Tengklik, Tawangmangu, Karanganyar, yang ludes terbakar, Sabtu (21/1/2017) siang. (Istimewa)

Kebakaran Karanganyar terjadi di Tawangmangu.

Solopos.com, KARANGANYAR — Si jago merah melalap habis rumah milik Ahmad Ariyanto, 33, warga Dukuh Plalar RT 001/RW 001, Tengklik, Tawangmangu, Karanganyar, Sabtu (21/1/2017) sekitar 14.45 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Tapi kerugian materiil ditaksir mencapai Rp60 juta. Dugaan sementara penyebab kebakaran yakni hubungan pendek arus listrik.

Informasi yang diperoleh Solopos.com dari Subbag Humas Polres Karanganyar, kerugian material berasal dari kerusakan bangunan rumah, perabotan rumah, perhiasan cincin serta kalung emas.

Ada juga uang tunai Rp9 juta yang terbakar, 12 ekor kambing, dan satu unit sepeda motor Yamaha RX King Spesial. Kerusakan bangunan utama rumah ditaksir mencapai Rp30 juta.

Warga bersama polisi dan sukarelawan tanggap bencana bahu membahu memadamkan api secara manual. Beruntung api tidak sampai menjalar ke rumah warga di sekitarnya.

Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, melalui Kasubbag Humas Polres Karanganyar, AKP Rochmat, saat dimintai tanggapan Espos mengonfirmasi kejadian itu.

Dia mengapresiasi kesadaran masyarakat untuk turut membantu pemadaman api menggunakan peralatan seadanya. “Kami juga imbau masyarakat untuk berhati-hati, selalu waspada,” kata dia.

Imbauan senada disampaikan Sekretaris Satpol PP Karanganyar, Kurniadi Maulatho. Satpol PP sedang berkoordinasi dengan PMI terkait manajemen penanganan kebakaran.

“Manajemen penanganan kebakaran akan kita bakukan hingga pascaterjadinya musibah kebakaran. Saat ini kita sedang berkoordinasi dengan pengurus PMI Karanganyar,” tutur dia.

Kurniadi mengimbau masyarakat tidak teledor untuk mencegah terjadinya musibah kebakaran. Api bisa muuncul dari hubungan pendek arus listrik, kompor, dan kayu yang dibakar.

“Bila mau bepergian pastikan kondisi rumah aman, tidak ada potensi pemicu kebakaran. Cek kompor, colokan listrik dan kabel-kabelnya, cabut charger yang tidak dipakai,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya