SOLOPOS.COM - Petugas pemadam kebakaran memadamkan api di Desa Baturan, Colomadu, Karanganyar, Kamis (7/9/2017). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Kebakaran di lahan kosong wilayah Baturan, Colomadu, Karanganyar, bikin warga panik.

Solopos.com, KARANGANYAR — Kebakaran alang-alang dan beberapa tanaman liar di lahan kosong dekat kompleks perumahan Baturan, Colomadu, Karanganyar, Kamis (7/9/2017) petang, menggegerkan warga sekitar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Api membubung tinggi dengan cepat melalap beberapa tanaman di dekat permukiman warga tersebut. “Kata orang yang pertama melihat, api muncul dari selatan. Tapi karena angin bertiup kencang, api terus membesar dan dengan cepat menyebar ke berbagai penjuru,” ujar salah seorang warga setempat, Walidi, 58, ketika ditemui wartawan di lokasi.

Akibat kejadian itu sejumlah warga yang rumahnya berdekatan dengan kebakaran sempat panik dan mengeluarkan barang-barang mereka dari dalam rumah. Sejumlah barang diwadahi ember plastik besar dikeluarkan dari rumah.

Selain itu mereka juga menyemprot bagian belakang rumah mereka dengan air dari rumah menggunakan selang. Hal itu agar bagian belakang rumah terhindar dari amukan api.

Sementara itu, salah seorang warga, Joko, 53, mengatakan kebakaran alang-alang di lahan kosong ini juga terjadi tahun lalu. Ketika itu api juga menghanguskan tanaman liar di lahan kosong tersebut.

“Dulu kebakaran juga terjadi ketika musim kemarau seperti sekarang ini. Api sempat membesar tapi bisa dipadamkan pamadam kebakaran seperti sekarang ini,” ujar dia.

Sementara itu, Camat Colomadu, Yophy Eko Jatiwibowo, yang ikut membantu petugas pemadam kebakaran memadamkan kobaran api mengimbau warga tidak membakar sampah atau membuang puntung rokok di lahan kosong tersebut. “Di musim kemarau seperti sekarang ini bahaya sekali membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan. Tanaman liar semacam ini banyak yang kering sehingga mudah terbakar,” ujar dia.

Berdasar pengamatan di tempat kejadian, api yang sempat merembet ke berbagai penjuru bisa dipadamkan setelah satu unit mobil pemadam kebakaran dari Solo dan dua unit dari Karanganyar tiba di lokasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya