Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Kebakaran terjadi di kandang berisi 13.000 ekor ayam di Grobogan, Jawa Tengah, yang menimbulkan kerugian mencapai Rp1,2 miliar.
Kebakaran Kandang di Grobogan: 13.000 Ekor Ayam Hangus, Rugi hingga Rp1,2 Miliar

Solopos.com, PURWODADI – Kebakaran melanda sebuah kandang ayam milik Titin Eny, 41, di Dusun Batur, Desa Ledokdawan, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan, Minggu (1/8/2021) dini hari.

Akibat kejadian kebakaran tersebut selain kandang, sebanyak 13.000 ekor ayam umur 22 hari ikut hangus terbakar. Pemilik kandang mengalami kerugian sekitar Rp1,2 miliar akibat kejadian ini. Sementara satu orang pekerjanya, Joko Asmono, 42, mengalami luka bakar di bagian leher.

“Kebakaran diperkirakan terjadi pukul 03.30 WIB dan dilaporkan ke Polsek Geyer sekitar pukul 04.30 WIB. Kemudian diteruskan ke Damkar Satpol PP Grobogan,” jelas Kapolsek Geyer, AKP Danang Esanto, Minggu (2/8/2021).

Baca juga: Jurus Cegah Jakarta Tenggelam, Mampukah Bertahan?

Sebelum kebakaran, penjaga kandang ayam Joko Asmono, warga Kecamatan Wirosari, baru saja mengambil air bersama rekannya, Adam Teodhi, 19, sekitar pukul 03.00 WIB. Setelah itu Adam pulang ke rumah yang terletak di sebelah timur kandang. Sedangkan Joko beristirahat di gudang sebelah kandang.

Namun sekira pukul 03.30 WIB, Joko mencium bau benda terbakar.  Setelah dicek ternyata bagian barat kandang ayam dilalap api. Dia bergegas memberitahukan kejadian kebakaran itu kepada Adam dan pemilik kendang ayam, Titin.

Kejadian tersebut juga dilaporkan ke Polsek Geyer dan diteruskan ke Pos Damkar. Namun karena kerangka kandang ayam terbuat dari kayu jati dan lantainya dari bambu serta dinding terpal, api dengan cepat melalap bangunan berukuran 12 meter x 18 meter, termasuk 13.000 ekor ayam potong di dalamnya.

Baca juga: Gegara Konsleting Listrik, Rumah Warga Grobogan Nyaris Ludes Terbakar

Anggota pemadam kebakaran yang menerima laporan langsung meluncur ke tempat kejadian. Upaya pemadaman dilakukan oleh regu Damkar yang dipimpin Heri Agus sejak pukul 04.40 WIB berlangsung hingga pukul 07.00 WIB. Seluruh bangunan kandang beserta ayam potong dan peralatan lainnya ludes terbakar.

Kapolsek Geyer, AKP Danang mengatakan dari pemeriksaan di lokasi kebakaran, dugaan api berasal dari korsleting kipas atau blower kandang di sisi barat. Kemudian menjalar dengan cepat ke seluruh kandang yang terbuat dari kayu dan bambu.

“Satu orang penjaga kandang menderita luka bakar ringan di bagian leher, jari tangan kiri dan jari kaki kiri. Kerugian diperkirakan mencapai Rp1,2 miliar,” terang AKP Danang.

Kata Kunci : Grobogan Kebakaran

Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago