SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Kebakaran Jogja dapat dicegah berkat kesigapan pelanggan.

Harianjogja.com, JOGJA — Seorang pelanggan toko berhasil mencegah kebakaran di sebuah toko di kawasan Jalan Kapten Piere Tendean, Kelurahan Wirobrajan, Kecamatan Wirobrajan, Kota Jogja, Kamis (13/10/2016) malam. Berkat calon pembeli yang melihat percikan api, kemudian api berhasil dijinakkan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapolsek Wirobrajan Kompol Widya Mustika menjelaskan, kebakaran yang terjadi memang tidak besar. Hanya tampungan air dan sejumlah kabel yang terbakar. Akantetapi peristiwa itu bisa menjadi pelajaran bagi para pemilik toko lainnya, untuk berhati-hati dalam merangkai instalasi listrik di dalam rumah.

(Baca Juga : KEBAKARAN JOGJA : Toko dan Pos Kampling di Purwodiningratan Terbakar, Disengaja?)

Kebakaran di dalam toko tas itu, pertama kali diketahui oleh salahseorang pelanggan yang datang untuk membeli. Pelanggan itu melihat percikan api di sekitar bak penampungan air yang terkoneksi dengan jaringan listrik pompa air otomatis. Menurutnya, pelanggan tersebut langsung sigap memadamkan api dengan air yang ada di sekitarnya.

“Jadi tidak sampai merembet ke ruangan lain,” terangnya, Jumat (14/10/2016).

Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), penyebab kebakaran, kata dia, karena arus pendek di sekitar instalasi listrik dalam toko. Oleh karena itu ia mengimbau masyarakat, agar selalu mengecek jaringan listrik dan segera melakukan perbaikan jika berpotensi terjadi kerusakan seperti meleleh dan sejenisnya.

“Karena masih banyak yang menumpuk colokan pada satu jaringan, itu berpotensi juga terjadinya arus pendek. Maka harus diperiksa secara rutin. Usahakan jangan hanya memilih alat instalasi karena murah saja, tetapi cepat rusak [meleleh karena arus listrik],” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya