SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kebakaran hutan di Gunung Pangonan berhasil dijinakkan.

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO- Kebakaran yang melanda Gunung Pangonan, Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, dapat dipadamkan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kebakaran di Gunung Pangonan sebenarnya sudah dapat dipadamkan sejak dua hari lalu, cuma kita khawatirkan masih muncul arang-arang seperti yang ada di Gunung Slamet,” kata Administrator Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur, Wawan Triwibowo di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya bersama personel Komando Distrik Militer (Kodim) 0704/Banjarnegara serta masyarakat sekitar Gunung Pangonan pada Selasa (8/9) bekerja bakti membuat sekat bakar dan mematikan sisa-sisa kebakaran.

“Kita mendapat anugerah karena kemarin [Selasa] sore terjadi hujan di Dieng sehingga kebakaran yang melanda Gunung Pangonan, Insya Allah sudah padam total,” jelasnya.

Menurut dia, kebakaran di Gunung Slamet sudah dapat dihadapi dan diharapkan tidak banyak terjadi angin kencang.

Ia mengatakan angin kencang berpotensi menimbulkan kebakaran lagi karena pergesekan tanaman yang kering dapat memunculkan percikan api.

“Hanya saja yang agak kami khawatirkan dengan adanya penurunan status Gunung Slamet dari ‘Waspada’ menjadi ‘Normal’, pendaki akan naik ke puncak. Sisa-sisa kebakaran yang lalu masih berpotensi menimbulkan kebakaran pada puncak musim kemarau ini,” katanya.

Ia mengaku khawatif jika kebakaran kembali terjadi sementara di puncak Gunung Slamet ada pendaki akan mengancam keselamatan mereka.

Terkait hal itu, dia mengimbau agar tidak ada pendakian ke Gunung Slamet selama musim kemarau.

Disinggung mengenai luasan lahan yang terbakar di Gunung Slamet, Wawan mengatakan bahwa areal kebakaran yang masuk wilayah KPH Banyumas Timur sekitar 5 hektare.

“Namun untuk luasan lahan yang terbakar di wilayah Brebes, kami belum menerima informasi dari KPH Pekalongan Barat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya