SOLOPOS.COM - proses pendinginan ruangan terbakar di Gedung A FKIP UNS oleh Damkar Solo (Solopos.com/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO — Kapolsek Jebres, Suharmono, menyebut peristiwa kebakaran di Gedung A FKIP Universitas Sebelas Maret atau UNS Solo pada Kamis (7/7/2022) tidak diproses atau diselidiki polisi. Hal itu karena gedung tersebut akan dirobohkan dan dibangun gedung baru setinggi tujuh lantai.

Suharmono mengaku memperoleh informasi tersebut dari Rektor UNS Solo. “Menurut keterangan rektor, sudah tidak ada masalah dan tidak dilaporkan [ke polisi] karena gedung ini akan dibongkar untuk gedung lantai tujuh,” urai Suharmono kepada Solopos.com, Kamis.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mengenai penyebab kebakaran tersebut, dugaan awal karena korsleting atau hubungan pendek arus listrik. Suharmono menyebut kebakaran di gedung itu awalnya diketahui oleh Dekan FKIP UNS Solo yang melihat asap.

“Jadi setelah melakukan apel pagi pukul 07.00 WIB, kami mendapatkan informasi, bahwa ruang FKIP UNS terbakar. Kemudian kami meluncur ke lokasi, sudah ada pemadam kebarakan memadamkan Gedung A, kondisinya sudah padam,”ujar Suharmono.

Informasi yang diterima Suharmono, pada pukul 07.00 WIB dilaksanakan sidang ujian di gedung FKIP UNS Solo. Lalu pukul 07.45 WIB ujian selesai. Dekan melihat ada asap pukul 08.00 WIB dan melapor ke pemdam kebakaran (damkar).

Baca Juga: 2 Orang Menjadi Korban Kebakaran Ruangan di Gedung FKIP UNS Solo

Mengenai korban kebakaran, Suharmono menyebut tidak ada korban dan hanya kerugian materiil. “Penyebabnya korsleting listrik dari komputer pascaujian guru melalui daring. Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materiil, itu pun kecil,” jelasnya.

Pemadaman 1 Jam

Diberitakan sebelumnya, kebakaran melanda Gedung A FKIP UNS Solo, Kamis (9/7/2022) sekitar pukul 08.00 WIB. Dekan FKIP UNS, Mardiyana, sempat melihat api menyala di Gedung A. Menurutnya, proses pemadaman berlangsung tak lebih dari satu jam.

“Saya datang ke sini sudah mulai ada api. Tapi kurang dari satu jam sudah teratasi,” terangnya. Sementara itu, Rektor UNS Solo, Jamal Wiwoho, mengatakan ruangan yang terbakar biasa digunakan sebagai ruang sidang di FKIP UNS.

Baca Juga: Video Detik-detik Kebakaran di Gedung A FKIP UNS Solo

Lantai ruangan dilengkapi dengan karpet dan ada panggung kecil di dalam ruangan. “Gedung ini untuk ruang sidang saya tadi sudah melihat di dalamnya ruang sidang bentuknya ya ada panggung, ada karpetnya. Ada kemungkinan memang kebakaran itu dari karpet terbakar atau sebab lain,” jelasnya.

Ruangan tersebut paginya sempat digunakan untuk briefing pelaksanaan ujian PPG. “Yang terbakar pas kosong. Tapi tadi digunakan rapat pelaksanaan tes PPG,” jelas Jamal.

Meski pun ujian PPG dilakukan secara daring, panitia pengawas sedang berada di Gedung A FKIP UNS. “Jadi ujiannya kan online tapi pengawasannya di sini,” tutur Jamal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya