SOLOPOS.COM - Seorang petugas Damkar Solo berusaha memadamkan kobaran api di rumah warga di wilayah Jogobayan RT 002/RW 006 Kelurahan Setabelan, Banjarsari, Solo, Sabtu (27/8/2022) pagi. (Istimewa/Dokumen Dinas Damkar Solo)

Solopos.com, SOLO — Musibah kebakaran terjadi di wilayah Jogobayan RT 002/RW 006 Kelurahan Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah pada Sabtu (27/8/2022) pagi.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, tetapi lima kamar indekos yang disekat hanya menggunakan kayu itu hangus terbakar. Bangunan rumah yang terbakar itu milik AR Hartanto, 62. Kebakaran kali pertama diketahui istrinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia mencium bau terbakar di rumahnya. Benar saja, ternyata api sudah menyala dan langsung membesar. Sontak, korban berteriak meminta pertolongan kepada tetangga. Si jago merah terlanjur membesar.

Barang-barang yang ada di dalam rumah itu termasuk sekat dari kayu langsung terbakar dan menjadi abu. Petugas Pemadam Kebakaran Solo mengirimkan lima regu penolong.

Mereka adalah Regu Delta, Regu Bravo, Tim Reaksi Cepat (TRC) C, TRC B, dan anggota angkatan tahun 2022. Total sembilan mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi kejadian untuk menjinakkan amukan si jago merah.

Baca Juga : Diawali Ledakan, Polisi Ungkap Detik-Detik Kebakaran Bangsal RSJD Solo

Namun kobaran api terlanjur membesar sehingga membutuhkan waktu hingga 87 menit untuk memadamkan kebakaran tersebut. Kobaran api belum sampai menjalar ke permukiman lain di wilayah itu.

Berdasarkan catatan Dinas Pemadam Kebakaran Solo proses pemadaman api menghabiskan 39.000 liter air dengan tujuh mobil pemancar air dan dua mobil penyuplai air. Akses jalan menuju lokasi kejadian sempit sehingga menjadi kendala.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Solo, Sutarjo, mengatakan api berhasil dipadamkan pukul 09.00 WIB. Menurut dia petugas sempat mengalami kendala saat hendak mendekati lokasi kebakaran karena jalan sempit.

Setelah berhasil mendekati lokasi kebakaran, tim berupaya memadamkan api dengan metode dua sisi penyiraman. “Akhirnya setelah berupaya keras, teman-teman di lokasi berhasil memadamkan api,” terang dia.

Hingga Sabtu siang belum diketahui penyebab kebakaran yang menghanguskan lima kamar indekos dan dihuni lima keluarga itu. Solopos.com juga belum mendapatkan informasi nilai kerugian yang dialami pemilik bangunan tersebut.

Baca Juga : Masak Daging Ditinggal Nonton TV, Rumah Di Sumber Solo Hangus Terbakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya