SOLOPOS.COM - Kerajinan logam dari Desa Tumang, Kecamatan Cepogo, Boyolali.

Solopos.com, BOYOLALI — Seni kriya logam di Desa Tumang, Kecamatan Cepogo menjadi bagian penting bagi perekonomian Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Produk kerajinan ini didorong untuk terus maju menembus pasar dunia.

Tim peneliti dari Universitas Indonesia (UI) mengatakan perlu adanya perlindungan, pengembangan, pembinaan, serta pemanfaatan seni kriya logam tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca juga: Ini Asal Usul Nama Boyolali, Ada Kaitannya dengan Buaya?

Salah satu tim peneliti UI, Widhyasmaramurti, mengatakan, seni kriya logam di Tumang, Cepogo, Boyolali, itu sudah dikenal luas oleh masyarakat lokal hingga mancanegara. Produk kerajinan ini juga telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“Salah satu upaya yang ditekankan olehnya yakni regenerasi perajin seni kriya Tumang oleh generasi muda,” katanya dalam acara audiensi bersama Bupati Boyolali M Said Hidayat, di Kantor Bupati Boyolali, Kamis (30/12/2021), sebagaimana dikutip dari Antara, Senin (17/1/2021).

Baca juga: Kisah Susi Ikuti Latsar CPNS Boyolali Saat Hamil 9 Bulan

Potensi kerajinan logam dari Cepogo, Boyolali, itu dipandang sangat luar biasa. Hal tersebut merupakan kearifan lokal yang perlu dikembangkan.

Desa Cepogo Boyolali yang memiliki 9.093 jiwa yang terdiri dari 3.033 Kepala Keluarga (KK). Tumang merupakan sentra kerajinan tembaga memiliki 55 outlet showroom dan 178 bengkel menengah besar dengan pelaku usaha sejumlah 2.000 orang. Banyaknya pelaku usaha di desa tersebut, dapat dikatakan bahwa seni kriya logam sudah menjadi industri rakyat yang terinternalisasi dalam kehidupan sehari hari masyarakat sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya