[x] close
top ear
Ilustrasi tes virus corona. (Freepik)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi tes virus corona. (Freepik)

Ke Solo Jenguk Ibu, Warga Banjarmasin Terkonfirmasi Positif Covid-19 Saat Hendak Pulang

Seorang warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan, berinisial T, terkonfirmasi positif Covid-19 saat hendak pulang dari menjenguk ibunya di Solo.
Diterbitkan Senin, 6/07/2020 - 17:32 WIB
oleh Solopos.com/Mariyana Ricky P.D
3 menit baca

Solopos.com, SOLO -- Seorang warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan, terkonfirmasi positif Covid-19 di Solo pada Senin (6/7/2020). Pria berumur 57 tahun itu tiba di Solo pada 22 Juni lalu untuk menjenguk ibunya yang beralamat di Kelurahan Jajar, Kecamatan Laweyan.

Ia kemudian berencana kembali ke daerah asalnya pada pekan ini. Perjalanan menggunakan pesawat udara mengharuskan lampiran hasil uji cepat/rapid test atau uji swab secara polymerase chain reaction (PCR). Ia pun melakukan tes tersebut ke laboratorium swasta.

Hasil tes itu keluar pada Sabtu (4/7/2020) lalu dan ternyata warga Banjarmasin yang berkunjung ke Solo itu terkonfirmasi positif Covid-19. Ia kemudian langsung diminta menjalani perawatan di salah satu rumah sakit swasta di Kota Bengawan dan membatalkan perjalanannya kembali ke Banjarmasin.

Kreatif! Bus Physical Distancing Lahir di Jawa Tengah, Satu Kursi Satu Penumpang

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan kendati dirawat di Solo, kasus itu tercatat di data Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin sesuai alamat tempat tinggal/KTP.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemkot Banjarmasin. Meski kasusnya di Solo, tapi tidak menambah jumlah kumulatif Solo,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin (6/7/2020).

Tracing Masif

Kendati tidak tercatat di data Solo, Ning, sapaan akrabnya, mengatakan DKK tetap melakukan tracing masif karena warga Banjarmasin yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu sudah bertemu banyak orang. Mereka termasuk yang tinggal serumah dengan ibunya.

Pesilat Remaja Gatak Sukoharjo Meninggal: Setelah Periksa 20 Anggota PSHT, Polisi Siapkan Rekonstruksi

Spesimen kontak erat dan dekatnya diambil langsung pada Senin ini. Totalnya ada empat orang namun Ning mengatakan masih ada kemungkinan bertambah.

Ning mengatakan saat hendak bertolak ke Solo, pria itu juga melampirkan hasil uji cepat yang nonreaktif. Karenanya belum diketahui apakah dia sudah tertular saat masih di Banjarmasin atau ketika sudah di Solo.

Warga Banjarmasin yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Solo itu menumpang pesawat tujuan Banjarmasin-Solo via Semarang. “Spesimen swab diambil pada 30 Juni, hasilnya keluar 4 Juli,” papar dia.

Update Covid-19 Indonesia: Pasien Positif Tambah 1.209, Total 64.958 Kasus

Saat ini, seluruh kontak erat sudah diminta menjalani karantina mandiri sembari menunggu hasil tes swab. Diprediksi hasil uji itu keluar paling cepat Rabu (8/7/2020).

Lurah Jajar, Jati Utama, mengatakan keluarga pasien berinisial T itu dijemput ambulans Puskesmas Purwosari untuk menjalani uji swab pada Senin sekitar pukul 10.00.

Pengambilan Spesimen Swab

“Warga kami adalah ibunya Tuan T ini. Dia sudah tua, sakit-sakitan, dan kemarin informasinya ke Solo dalam rangka menemani ibunya operasi. Informasi yang kami dapat, pengambilan swab spesimen dilakukan di RSUD Bung Karno. Mereka yang dijemput termasuk ibunya Tuan T ini,” jelas dia.

Sejarah Pilkada Solo Dikuasai Cawali Dari Utara, Ini Penyebabnya Menurut Pemerhati Budaya

Sementara data kumulatif pada Senin, jumlah warga Solo terkonfirmasi positif Covid-19 di Solo hingga Senin tetap 43 orang. Dari jumlah itu, tinggal tiga orang yang masih menjalani rawat inap dan seorang karantina mandiri.

Sisanya sebanyak 35 orang sembuh dan empat orang meninggal dunia. Jumlah PDP bertambah dua menjadi 280 orang. PDP rawat inap 10 orang, PDP sembuh 233 orang, dan PDP meninggal dunia 37 orang.

Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 659 orang, yang dirawat jalan 13 orang atau 13 orang dipantau, dan sisanya selesai pemantauan.


Editor : Profile Suharsih
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkait

berita terpopuler

Iklan Baris

Properti Solo & Jogja

berita terkini