SOLOPOS.COM - Krisdayanti. (Instagram/@krisdayantilemos)

Solopos.com, JAKARTA—Penyanyi yang kini anggota DPR Krisdayanti (KD) membeberkan betapa ”gurihnya” menjadi wakil rakyat.

Ia menerima banyak dana dengan nilai ratusan juta rupiah  per bulan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ucapan mantan istri Anang Hermansah ini langsung mendapat respons dari sejumlah koleganya.

Baca Juga: Indonesia Tuan Rumah KTT G20, Apa Untungnya? 

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad memberikan klarifikasi berkaitan dengan besaran gaji hingga ratusan juta rupiah.

Dasco menegaskan anggota DPR tidak memakai uang reses dan uang kunjungan dapil untuk keperluan pribadi.

Klarifikasi

“Ini yang perlu saya klarifikasi, yang dimaksud gaji kan take home pay, sementara yang disampaikan Krisdayanti itu termasuk uang reses dan uang kunjungan dapil,” kata Dasco saat dihubungi, Selasa (14/9/2021).

Dasco menjelaskan uang reses dan uang kunjungan dapil digunakan untuk kepentingan kegiatan di dapil dan dalam rangka menyapa konstituen.

Menurutnya, uang tersebut digunakan anggota Dewan untuk program-program bagi konstituen.

Baca Juga: Jokowi Teken Perpres Atur Dana Abadi Pesantren 

“Uang reses dan uang kunjungan dapil adalah uang untuk kegiatan-kegiatan di dapil dalam rangka menyapa konstituen. Membuat program-program untuk konstituen dan kunjungan di dapil, jadi itu uangnya nggak ke kita,” kata Dasco.

Dia menegaskan dana reses dan dana dapil tidak dimakan sendiri oleh anggota Dewan.

Beli Sembako

Menurutnya, uang tersebut dimanfaatkan untuk menggaji tim di dapil, membuat kegiatan, hingga memberikan sembako terlebih saat pandemi saat ini.

“Uangnya itu untuk kegiatan di dapil, buat menggaji apa namanya tim di dapil, buat perjalanan, membuat kegiatan, seperti KD bilang kan selama Covid ya sembako kami kasih masker dan lain-lain dari uang itu. Itu bukan keperluan kami pribadi, apalagi kemudian dimakan sendiri,” ujarnya.

Sebelumnya, Krisdayanti buka-bukaan soal gaji dan tunjangan yang diterimanya.

“Setiap tanggal 1 Rp 16 juta,” ujar Krisdayanti saat berbincang di YouTube Akbar Faizal, seperti dilihat pada Selasa (14/9/2021).

Beberapa Kali Penerimaan

Menurut Krisdayanti, setiap bulan ada beberapa kali penerimaan. Ada juga uang yang masuk ke rekeningnya 4 hari setelah yang diterima pada tanggal 1. Namun ada juga beberapa potongan atas dana tersebut.

Selain itu, Krisdayanti mengungkapkan perihal dana aspirasi. Anggota Komisi IX DPR itu mengaku menerima dana aspirasi Rp450 juta.

“Itu memang wajib untuk kita. Namanya juga uang negara. Dana aspirasi itu Rp450 juta, lima kali dalam setahun,” ungkapnya.

Tak sampai di situ, Krisdayanti juga mengaku menerima uang untuk kunjungan ke daerah pemilihan, yang dilakukan saat masa reses. Uang kunjungan ke dapil ini diterima 8 kali setiap tahun.

“(Uang kunjungan ke dapil) Rp 140 juta. Itu 8 kali setahun,” kata wanita yang akrab disapa KD itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya