SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat, memuji sikap cekatan jajaran Kedutaan Besar RI di Doha, Qatar terkait pelayanan perlindungan kepada TKI informal Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT), sekaligus atas kegigihannya mempromosikan penempatan TKI sektor formal berkemampuan semiterampil, terampil, dan profesional untuk bekerja di negara tersebut.

“KBRI Qatar bahkan sangat proaktif mengupayakan promosi TKI formal pada berbagai sektor pekerjaan dengan menggandeng pengguna perusahaan ataupun kalangan agensi perekrut tenaga kerja asing. Hal ini tentu upaya signifikan ke arah penetrasi pasar kerja di Qatar untuk para TKI formal berkualitas,” ujar Jumhur di Jogja Jumat (5/4).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ia mengaku, selama kunjungan kerjanya di Qatar, Minggu-Rabu (31 Maret – 3 April) lalu, telah melihat langsung aspek penanganan TKI oleh KBRI di Qatar yang tergolong bagus dan terencana khususnya dalam menuntaskan setiap permasalahan TKI PLRT.

Menurutnya, sedikitnya 50 TKI PLRT dalam setahun merupakan TKI kaburan yang datang ke gedung KBRI Qatar, dengan beragam persoalan mulai gaji tidak dibayar, korban kekerasan fisik, pelecehan seksual, pekerjaan tidak sesuai Perjanjian Kerja, akibat kecelakaan di tempat kerja/rumah majikan, sakit, dan sebagainya.

KBRI Qatar, lanjut Jumhur, tidak pernah mengabaikan kasus-kasus TKI PLRT yang terjadi di negara itu. Dengan demikian, jumlah TKI bermasalah di KBRI pun kerap teratasi dalam waktu singkat karena telah ditangani dengan prosedur cepat, sigap, dan efisien.

“KBRI Qatar sangat peduli dengan semua masalah TKI, termasuk aktif melakukan pemulangan para TKI bermasalah ke tanah air jika harus melalui skema penyelesaian di tanah air,” tambah Jumhur. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya