Kaum Boro Wonogiri Ramai-Ramai Pulang Kampung, Ada Apa?
Solopos.com|soloraya

Kaum Boro Wonogiri Ramai-Ramai Pulang Kampung, Ada Apa?

Kaum boro Wonogiri banyak yang pulang kampung pada libur panjang akhir pekan ini. Mereka diduga ingin melakukan tradisi nyadran sebelum Ramadan.

Solopos.com, WONOGIRI -- Meski masih dalam suasana pandemi Covid-19, libur panjang akhir pekan dalam rangka memperingati Wafat Isa Almasih, Jumat (2/4/2021) hingga Minggu (4/4/2021), dimanfaatkan warga perantauan atau kaum boro Wonogiri untuk pulang ke kampung halaman.

Hal itu diketahui berdasarkan adanya peningkatan jumlah penumpang kedatangan bus dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Bandung dan sekitarnya di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri.

Baca Juga: KIP Kuliah 2021: Mahasiswa Bisa Dapat Bantuan Biaya Hidup Rp1,4 Juta Per Bulan

Berdasarkan data produksi Terminal Giri Adipura Wonogiri, pada Jumat (2/4/2021) terjadi lonjakan penumpang kedatangan. Pada hari itu sebanyak 2.464 orang tiba di Wonogiri dengan jumlah bus sejumlah 137 unit.

Jumlah itu lebih banyak dari hari biasanya dan sebelumnya. Pada Kamis (1/4/2021), jumlah penumpang hanya 1.610 orang. Sedangkan pada Sabtu, (3/4/2021), jumlah penumpang kedatangan mulai menurun, tercatat hanya 1.687 orang.

Sementara itu, jumlah penumpang keberangkatan pada Kamis hingga Sabtu terpantau normal. Jumlah penumpang setiap harinya hanya sekitar 1.600 orang hingga 1.750 orang.

Alasan Pulang Kampung

Koordinator Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, membenarkan bahwa pada Jumat telah terjadi lonjakan penumpang kedatangan di Terminal Wonogiri. Selain akhir pekan, banyaknya kaum boro yang pulang kampung disebabkan karena ada kegiatan atau tradisi lokal.

"Memang biasanya kalau akhir pekan agak ramai. Tapi selain itu saat ini kan baru musim nyadran atau nyekar. Sebagian warga Wonogiri masih kerap melakukan budaya itu menjelang Ramadan. Sehingga penumpang juga meningkat," kata dia, Minggu (4/4/2021).

Baca Juga: 17 ABK Barokah Jaya Dikabarkan Hilang Seusai Dua Kapal Bertabrakan di Indramayu

Agus menuturkan, diprediksi puncak arus balik libur panjang akhir pekan terjadi pada Minggu. Namun, berdasarkan pantauan sementara di terminal penjualan tiket bus keberangkatan pada Minggu normal. Meski demikian, hasil pendataan baru bisa diketahui besok, Senin (5/4/2021).

"Tidak ada persiapan khusus yang kami lakukan pada libur panjang kali ini. Namun kami selalu menekankan agar penumpang dan kru bus untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan disiplin," kata Agus.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago