[x] close
Kaum Boro Wonogiri Berbondong-Bondong Pulang Kampung, Mudik Dulu Sebelum Dilarang?
Solopos.com|soloraya

Kaum Boro Wonogiri Berbondong-Bondong Pulang Kampung, Mudik Dulu Sebelum Dilarang?

Kaum boro Wonogiri diprediksi akan pulang kampung sebelum waktu pelarangan mudik, 6-17 Mei 2021. Hal itu terbukti dari peningkatan penumpang di terminal.

Solopos.com, WONOGIRI -- Jumlah penumpang kedatangan di Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri meningkat jelang Ramadan. Diprediksi kaum boro Wonogiri akan pulang kampung sebelum waktu pelarangan mudik, 6-17 Mei 2021.

Berdasarkan data produksi Terminal Giri Adipura Wonogiri, sejak Jumat (9/4/2021) hingga Minggu (11/4/2021), jumlah penumpang kedatangan bus dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dan Bandung, selalu di atas 2.000 orang.

Baca Juga: Keren, Ternyata Ada Aplikasi Alquran Buatan Orang Indonesia

Pada Jumat, jumlah penumpang kedatangan berjumlah 2.072 orang. Pada Sabtu (10/2/2021), jumlah penumpang mencapai 2.459 orang. Sedangkan pada Minggu, jumlah penumpang sebanyak 2.443 orang. Sementara itu penumpang keberangkatan terpantau normal, hanya saja pada Minggu, terjadi peningkatan, ada 2.120 orang.

Staf Operasional Perusahaan Otobus (PO) Haryanto Wonogiri, Heru Setiyono, mengatakan pada tiga hari terkahir terjadi kenaikan penumpang namun belum signifikan. Bus yang beroperasi dalam satu hari masih sama, yakni delapan unit dari Wonogiri dan delapan unit dari Jabodetabek.

"Kenaikannya paling baru lima hingga sepuluh persen. Jika biasanya bus kami tidak penuh, tiga hari terakhir ini penuh. Jadi masih standar sebenarnya, belum signifikan," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Senin (12/4/2021).

Tradisi Nyadran

Ia mengatakan, salah satu faktor adanya kenaikan penumpang menjelang Ramadan karena masyarakat Wonogiri masih menjalani tradisi Nyadran. Mereka berziarah kepada para orang tua yang sudah meninggal sebelum menghadapi Ramadhan.

"Ini kan hari terkahir Nyadran untuk tahun ini. Saya dapat info hari ini dari barat [Jabodetabek] penumpang ramai. Tapi untuk besok [Selasa, 13/4/2021], infonya penumpang baru dapat setengah. Ya ditengah ada wacana pelarangan mudik, kami mencoba bertahan dan berjalan dulu," kata Heru.

Koordinator Terminal Giri Adipura Wonogiri, Agus Hasto Purwanto, mengatakan diprediksi kaum boro atau warga perantauan Wonogiri akan berbondong-bondong pulang kampung sebelum waktu pelarangan mudik.

"Kalau lihat pengalaman dan karakter warga kaum boro Wonogiri, sebagian dari mereka ada yang pulang kampung meski ada pembatasan di sana. Namun prediksinya pulangnya sebelum 6 Mei 2021. Kan waktu pelarangannya 6-17 Mei 2021. Jadi pulang sebelum waktu pelarangan," kata dia di ruang kerjanya, Senin.

Baca Juga: Inilah Deretan Honda Forza yang Diharapkan Hadir Tahun 2021

Menanggapi kenaikan penumpang, Agus membenarkan bahwa salah satu adanya kenaikan penumpang pada awal Ramadan yakni adanya tradisi Nyadran. Namun di sisi lain, biasanya pada akhir pekan terjadi kenaikan penumpang, baik kedatangan maupun keberangkatan.

"Yang kami tekankan hingga saat ini masih sama, penumpang dan kru bus diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketat," kata Agus.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago