SOLOPOS.COM - Soekarno didampingi Mohammad Hatta (kanan) membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Berikut ini terdapat kata-kata mutiara untuk memperingati Hari Pahlawan 10 November yang penuh inspirasi dari Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Bung Karno dan Bung Hatta.

Seperti diketahui, 10 November menjadi hari bersejarah bagi bangsa Indonesia karena diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal ini dikarenakan pada 10 November 1945, para pahlawan tengah berjuang untuk mempertahankan kedaulatan Indonesia dari asing.

Baca Juga:  Selain Vanessa Angel, Ini Daftar Artis yang Meninggal karena Kecelakaan

Untuk memperingati hari bersejarah ini, berikut ini terdapat kata-kata mutiara Hari Pahlawan 10 November yang penuh inspirasi dari Bung Karno dan Bung Hatta, seperti dikutip dari Liputan6.com dan Suara.com.

Baca Juga:  Doa Agar Terhindar dari Kecelakaan dan Selamat Sampai Tujuan

Kata Mutiara Hari Pahlawan Inspirasi dari Proklamor Indonesia

Kata Mutiara Hari Pahlawan dari Bung Karno

1. Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.

2. Negara ini, Republik Indonesia bukan milik kelompok manapun, juga agama, atau kelompok etnis manapun, atau kelompok dengan adat dan tradisi apa pun, tapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke.

3. Menaklukkan ribuan manusia mungkin tidak disebut pemenang, tapi bisa menaklukkan diri sendiri disebut penakluk yang brilian.

4. Nasionalisme tidak bisa berbunga jika tidak tumbuh di taman internasionalisme.

5. Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.

6. Kalau pemuda sudah berumur 21-22 tahun sama sekali tidak berjuang, tak bercita-cita, tak bergiat untuk tanah air dan bangsa, pemuda begini baiknya digunduli saja kepalanya.

7. Entah bagaimana tercapainya persatuan itu, entah bagaimana rupanya persatuan itu, akan tetapi kapal yang membawa kita ke Indonesia Merdeka itulah Kapal Persatuan adanya.

Baca Juga: Misteri Jin Tethekan di Terminal Kartasura yang Bekas Kuburan China

Kata Mutiara Hari Pahlawan dari Bung Hatta

1. Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat.

2. Pahlawan yang setia itu berkorban bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita.

3. Menegakkan kedaulatan rakyat adalah ‘mendidik rakyat’ supaya tahu berpikir, supaya tidak lagi membebek di belakang pemimpin-pemimpin. Supaya keinsafan rakyat akan hak dan harga diri bertambah kuat dan pengetahuannya tentang hal politik, hukum dan pemerintahan bertambah luas.

4. Anak muda boleh pandai beretorika, tapi juga harus sadar untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat yang menjadi cita-cita.

5. Tindakan jauh lebih penting daripada kata-kata.

6. Akan ada satu masa ketika kita harus melawan saudara bangsa sendiri, melawan KKN dan pemberontakan dalam negeri.

7. Pemimpin sejati adalah pemimpin yang sanggup menyediakan penggantinya.

Baca Juga:  Bermodal Rp250 Juta, Ternyata Segini Keuntungan Buka Pertashop

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya