Kasus Positif Covid-19 Harian Menurun, Bukti Vaksinasi Bekerja

Kasus Covid-19 Indonesia terus menurun diklaim menjadi bukti suksesnya program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah.
Kasus Positif Covid-19 Harian Menurun, Bukti Vaksinasi Bekerja
SOLOPOS.COM - Vaksin Janssen. (france24.com)

Solopos.com, SOLO — Kasus Covid-19 di Indonesia terus menurun setiap harinya. Bahkan, positivity rate nasional berhasil turun di bawah angka 5 persen, yang merupakan ambang batas WHO.

Hal ini jauh berbeda dengan kondisi pada Juli 2021. Kala itu, positivity rate melampaui 31 persen.

Baca Juga: Warga Delanggu Klaten Antusias Sambut Kedatangan Presiden Jokowi

Menurut Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi Rini, kasus Covid-19 yang terus menurun ini membuktikan vaksinasi bekerja dengan baik.

“Dirjen WHO mengatakan, pada beberapa negara dengan tingkat vaksinasi yang tinggi terjadi terputusnya hubungan antara kenaikan kasus dengan tingkat kematian. Artinya meskipun terjadi lonjakan kasus namun tidak diikuti dengan kenaikan rawat inap dan juga kematian,” ujar dia dalam rilis tertulisnya yang diterima Solopos.com pada Sabtu (11/9/2021).

Baca Juga: Heboh Resepsi Pernikahan Warga Solo: Digeruduk Anggota Arisan hingga Dibubarkan Satpol PP

Meski vaksinasi telah bekerja dengan baik, namun dia mengingatkan masih banyak tantangan yang harus dihadapi masyarakat Indonesia.

“Dukungan rakyat Indonesia dengan melakukan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan sangat diperlukan. Ayo vaksinasi, dan kita jalankan protokol kesehatan. Insya Allah dengan ikhtiar kita semua dan kerja keras bersama, kedisiplinan, dan persatuan kita dapat keluar dari pandemi,” tambah dia.

Baca Juga: Awal Pekan, Cek Dulu Harga Emas Pegadaian, Senin 13 September 2021

Di kesempatan yang sama, Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono menambahkan, meskipun jumlah kasus aktif dan angka kematian menurun dan di sisi lain vaksinasi sedang berjalan dengan sangat baik, masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Jangan sampai lonjakan kasus kembali terjadi.

“Negara-negara tetangga kita, seperti Malaysia dan India bahkan Singapura, saat ini kembali mengalami lonjakan kasus karena pelanggaran protokol kesehatan,” ujar Dante.

Baca Juga: Public Expose Live Diikuti 49.395 Peserta, Sebagian Besar Generasi Milenial

Dia juga berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat agar siapapun tidak boleh tertinggal dalam program vaksinasi nasional. Sekali lagi, jangan ragu untuk divaksinasi dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Insya Allah dengan ikhtiar bersama dari segenap pihak, kita dapat melewati pandemi ini dengan baik,” pungkas dia.

Baca Juga:  Banyak yang Penasaran, Ini Profil Suami Puan Maharani, Happy Hapsoro


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago