SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (Ilustrasi/Bisnis.com)

Solopos.com, JAKARTA – Persebaran Covid-19 varian Omicron di Amerika Serikat (AS) kian mengganas hingga mengakibatkan rumah sakit di hampir setengah negara bagian nyaris penuh. Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) AS, varian Omicron telah memicu rekor jumlah kasus Covid-19 di seluruh negara tersebut.

Mengacu data HHS sebagaimana dikutip TheGuardian.com, Sabtu (15/1/2022), di 18 negara bagian AS setidaknya 85 persen tempat tidur unit perawatan intensif orang dewasa terpakai, sementara di 24 negara bagian setidaknya 80 persen tempat tidur rumah sakit terisi. “Alabama, Missouri, New Mexico, Rhode Island, Texas dan Wisconsin termasuk di antara negara bagian yang mengalami kekurangan tempat tidur ICU,” demikian penjelasan HHS.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut HHS, di Texas yang pekan ini mencatat rekor baru harian untuk kasus Covid-19 dengan total 75.817 kasus baru, lebih dari 92 persen tempat tidur ICU telah ditempati. Sedangkan 34,3 persen tempat tidur ditempati oleh pasien Covid- 19. Sedangkan di Wisconsin 90,6 persen tempat tidur ICU terisi, 41,4 persen di antaranya dengan pasien Covid-19.

Baca juga: Wow, Satu Halaman Komik Jadul Spiderman Laku Rp48 Miliar

“Rhode Island dan Alabama masing-masing mencatat lebih dari 91 persen tempat tidur ICU yang terisi,” demikain seperti dilaporkan The New York Times. Amerika Serikat bagian selatan sangat terpukul oleh varian baru setelah sejumlah negara bagian terus melaporkan rekor jumlah kasus di tengah kekhawatiran serius seputar kekurangan staf rumah sakit.

Sebagai informasi pada Kamis (13/1/2022) lalu, Presiden AS Joe Biden mengatakan 1.000 anggota militer akan dikirim untuk membantu mengurangi krisis staf di rumah sakit di seluruh negeri. Para staf berada di karantina di rumah karena virus pada saat yang sama dengan kasus Covid-19 terus melonjak.

Menurut penghitungan Reuters, AS memimpin dunia dalam jumlah rata-rata harian infeksi baru yang dilaporkan atau satu dari setiap tiga infeksi yang dilaporkan di seluruh dunia. Data menunjukkan kasus akan mulai meningkat di New York dan pantai timur setelah sebelumnya terjadi lonjakan  luar biasa.

Baca juga: Mahasiswi Indonesia di Kanada Meninggal, Korban Tindak Kriminal?

Sementara itu, negara bagian Alabama melaporkan rekor jumlah anak-anak yang dirawat di rumah sakit minggu ini karena varian Omicron yang sangat menular. Sedikitnya 60 anak dirawat di rumah sakit dengan 13 menerima perawatan di ruang perawatan intensif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya