SOLOPOS.COM - Petugas BPBD Karanganyar menyiapkan APD seiring meningkatnya kematian dengan protokol kesehatan Covid-19 pada Senin (21/2/2022). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Jumlah warga Kabupaten Karanganyar yang meninggal dunia dengan status positif Covid-19 bertambah. Hingga pekan ketiga Februari 2022, tercatat 34 orang dimakamkan secara protokol kesehatan Covid-19. Dari junlah itu dua di antaranya merupakan anak bayi.

Anak balita meninggal dengan pemakaman prokes di antaranya bayi baru lahir dari seorang ibu atas nama Kartika Purnamasari, warga Jantiharjo, Kecamatan Karanganyar. Sang ibu terkonfirmasi positif Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anak balita yang meninggal selanjutnya adalah bayi berusia dua bulan atas nama Fajar Setiawan, warga Sroyo, Kecamatan Jaten. Bayi tersebut meninggal dunia setelah dalam perawatan di RS dr Oen Solo pada 16 Februari 2022 lalu.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Lingkungan Sekolah Karanganyar Meluas, 1 Guru Meninggal

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bagoes Darmadi, mengatakan ada peningkatan tren kenaikan pemulasaran suspect dan pasien Covid-19. Dalam sepekan terakhir, BPBD dan sukarelawan harus siaga setiap hari menyusul naiknya pemakaman warga dengan prokes tersebut.

“Dalam sehari minimal memakamkan dua jenazah suspect dan pasien Covid-19. Tapi lima hari terakhir ini ada kenaikan sehari tiga sampai empat jenazah dimakamkan dengan prokes,” kata dia ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya pada Senin (21/2/2022).

Tiga kecamatan di Karanganyar menjadi penyumbang kasus kematian dengan pemakaman menggunakan prokes terbanyak. Yakni, Gondangrejo, Colomadu dan Karanganyar.

Baca Juga: Polres Karanganyar Layani Vaksinasi Booster, Begini Cara Daftarnya

BPBD melibatkan sukarelawan dalam melaksanakan pemulasaran jenazah dengan prokes Covid-19. Saat ini pihaknya telah menyiapkan stok alat pelindung diri (APD) bagi petugas pemulasaran jenazah dengan prokes Covid-19. “Stok APD aman. Kami juga siapkan insentif bagi petugas pemulasaran jenazah,” katanya.

Mayoritas Lansia

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar, Purwati, mengatakan mayoritas pasien Covid-19 yang meninggal dunia merupakan warga lanjut usia (lansia) dan memiliki penyakit penyerta atau komorbid. “Paling banyak diabetes. Tapi ada juga yang kanker, jantung, dan gagal ginjal,” kata dia.

Dalam kasus kematian ini, Dinkes mendata warga meninggal belum menerima suntikan vaksin Covid-19 baik dosis satu maupun dua. Mereka belum divaksin karena tidak memenuhi syarat menerima suntikan vaksin, seperti sedang dalam kondisi sakit dan hipertensi. Purwati menambahkan kasus meninggal lain ditemukan pada warga yang telah menerima vaksin primer.

Baca Juga: Ada Temuan Kasus Covid-19, Giliran SMAN Colomadu Setop PTM

“Jadi ada [kasus kematian] yang belum vaksin sama sekali, sudah vaksin satu kali bahkan dua kali. Tapi mereka semua punya komorbid,” kata dia.

Dikatakannya, penyakit komorbid yang diderita akan memperparah kondisi pasien saat terpapar virus Corona. Untuk menekan angka kematian ini, pihaknya tak henti-hentinya mengingatkan warga untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) di antaranya menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, dan rajin mencuci tangan. Selain itu pihaknya terus berupaya mengejar percepatan vaksinasi baik primer maupun booster vaksin.

“Untuk ngejar vaksin primer saja kita sampai menberikan iming-iming hadiah. Upaya kita sudah lakukan terus agar capaian vaksinasi bisa 100 persen,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya