SOLOPOS.COM - Gedung Kementerian BUMN (JIBI/Solopos/Antara)

Kasus korupsi cetak sawah terus membuat sederet nama pejabat dipanggil Bareskrim Polri.

Solopos.com, JAKARTA — Penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim telah memeriksa Deputi Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis Kementerian BUMN, Pandu Djajanto, sebagai saksi dalam perkara dugaan korupsi pencetakan sawah kementerian itu.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Direktur Tindak Pidana Korupsi Brigjen Pol. Ahmad Wiyagus menyatakan yang bersangkutan sudah diperiksa penyidik. “Sudah selesai diperiksa tadi,” katanya di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (1/6/2015) malam.

Wiyagus mengungkapkan pemeriksaan terhadap Pandu dilakukan karena saat proyek berlangsung dia menjabat Staf Ahli Bidang Tata Kelola dan Sinergi Antar-BUMN. Saat itu, Dahlan Iskan menjabat Menteri BUMN.

Sebelumnya, penyidik juga telah mengagendakan pemeriksaan mantan Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan, Dirut Perusahaan Gas Negara (PGN) Hendi Priyosantoso, Dirut Pelindo II Ricardo Joost (RJ) Lino, mantan Dirut BRI Sofyan Basir, dan Dirut Sang Hyang Seri Upik Wasrina Raslin.

Namun, penyidik batal memeriksa para saksi tersebut karena mereka tidak memenuhi panggilan. Selanjutnya, penyidik akan mengagendakan pemanggilan ulang terhadap para saksi tersebut.

Bareskrim juga berencana memeriksa mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan terkait proyek tersebut. Kabareskrim Komjen Pol. Budi Waseso mengatakan pihaknya membutuhkan keterangan Dahlan Iskan. Alasannya, proyek tersebut berjalan saat Dahlan menjabat Menteri Negara BUMN.

“Iyalah, pasti. Beliau pasti dimintai keterangan, karena salah satu penanggungjawabnya adalah beliau saat itu,” katanya, Jumat (29/5/2015).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya