SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Penyakit Demam Berdarah (DB) menimpa dua warga Semanggi, Pasar Kliwon yang masih berusia anak. Penyakit yang dikarenakan gigitan nyamuk Aedes aegypti ini menyerang warga RT 002/RW 023 Semanggi. Bahkan, seorang anak masih diketahui menjalani opname dengan rawat inap di RSUD Moewardi Solo.

Seperti diketahui, satu pekan sebelumnya, 12 warga Semanggi terjangkit penyakit chikungunya. Hingga saat ini, masih ada beberapa warga yang masih dalam proses penyembuhan. “Ada dua warga Semanggi yang berusia anak-anak terkena DB. Satu anak masih opname di RSUD Moewardi,” jelas Ketua RT 03/ RW 023 Semanggi, Sriyono, saat ditemui di rumahnya, Senin (6/5/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sriyono memaparkan dua anak yang terkena penyakit DB waktunya hampir beriringan dengan penyakit chikungunya yang menimpa warga sekitar. Pihaknya mengakui masih ada warga Semanggi yang belum sepenuhnya sembuh dari penyakit chikungunya. “Saya menduga, mungkin penyakit DB itu berasal dari nyamuk yang sama. Bedanya, kalau chikungunya menyerang orang dewasa sedangkan penyakit DB yang diserang anak-anak. Kondisi seperti ini membuat warga sekitar di sini khawatir,” papar Sriyono.

Kekhawatiran Sriyono akan datangnya penyakit yang sama bukan tanpa sebab. Dia memprediksi selama peralihan musim hujan ke musim kemarau, serangan nyamuk dapat mengganas dan menyasar ke permukiman penduduk.

“Beberapa hari lalu saat warga sini terkena chikungunya, Pemkot Solo yang diwakili dari tim medis Dinas Kesehatan Kota (DKK) datang ke sini untuk memberikan sosialisasi bagaimana cara mencegah adanya penyakit chikungunya dan DB,” papar dia.

Menurutnya, warga Semanggi diminta untuk mengantisipasi sejak dini penyakit berbahaya itu dengan cara kerja bakti dengan membersihkan selokan, menguras bak mandi dan menerapkan pola hidup sehat.

“Kami telah melaksanakan anjuran dari Pemkot. Intinya kami diminta untuk waspada,” papar dia.

Sekretaris RW 023 Semanggi, Cahyo Dafiri mengakui ada laporan warga yang terindikasi DB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya