SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo. (Dok)

Solopos.com, JAKARTA – Kasus Covid-19 meningkat di beberapa daerah luar Jawa-Bali. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap 5 provinsi di luar Pulau Jawa dan Bali mengalami lonjakan kasus positif virus corona (Covid-19).

Presiden Jokowi menyampaikan kelima provinsi itu adalah Kalimantan Timur (Kaltim), Sumatra Utara (Sumut), Papua, Sumatra Barat (Sumbar), dan Kepulauan Riau.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saya melihat ini angka-angka hati-hati ini yang lima provinsi yang tinggi-tinggi 5 Agustus kemarin, Kaltim, kasus aktif yang ada 22.529 kasus, Sumut 21.876 kasus, Papua 14.989 kasus, Sumbar 14.496 kasus, Kepulauan Riau 13.958 kasus itu hari kamis,” kata Presiden Jokowi, dipantau darii Youtube Setpres, Minggu (8/8/2021).

Baca Juga: Start Posisi 8, Marc Marquez Pesimistis Juarai MotoGP Styria 2021

Kemudian pada Jumat (6/8) tiga provinsi mengalami kenaikan kasus baru yaitu Sumut naik menjadi 22.892 kasus, Kepulauan Riau 14.993 kasus, Sumbar 14.712 kasus.

“Yang turun saya lihat di dua hari kemarin Kaltim dan Papua tapi hati-hati ini selalu naik dan turun,” jelasnya.

Jokowi pun memberi perhatian kepada Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Per 1 Agustus 2021,NTT masih pada 886 kasus. Lalu turun pada 2 Agustus 2021 menjadi 410 kasus baru, 3 Agustus 2021 sebanyak 8 kasus baru, 4 Agustus sebanyak 530 kasus. Namun pada 6 Agustus 2021, mengalami lonjakan kasus baru mencapai 3.598 kasus.

Baca Juga: Presiden Barcelona Konfirmasi Lionel Messi Gabung PSG

 

Terapkan 3 Hal

“Yang perlu hati-hati NTT saya lihat dalam seminggu yang seperti angka-angka seperti ini harus direspons secara cepat,” katanya.

Oleh karena ia meminta seluruh pihak khususnya pemerintah daerah di luar Jawa-Bali untuk menerapkan tiga hal yaitu, penurunan mobilitas, testing dan tracing serta penambahan ruangan isolasi terpusat (isoter).

“Sekali lagi saya ulang pertama, mobilitas indeks yang harus diturunkan, kedua, testing dan tracing yang harus direspons dengan cepat dan yang ketiga isolasi terpusat. Ini udah pengalaman di provinsi-provinsi yang ada di Jawa yang bisa turun tiga hal ini yang dilakukan,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya