SOLOPOS.COM - Warga mengantre untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan DKK Solo di ajang CFD kawasan Ngarsopura, Minggu (22/5/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, JAKARTA – Kasus Covid-19 kembali meningkat di Indonesia. Namun Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan belum akan menyuntikkan vaksin Covid-19 dosis keempat meskipun kasus Covid-19 tengah meningkat.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi menegaskan, pemerintah masih menunggu rekomendasi dari sejumlah organisasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rekomendasi yang dimaksud dibutuhkan dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), dan Kelompok Penasihat Strategis Ahli tentang Imunisasi (Strategic Advisory Group of Experts on Immunization/SAGE).

Baca Juga: Edaran Kemenkes, Covid-19 Diprediksi Melonjak Pertengahan Juli 2022

“Sampai saat ini memang belum [wacana vaksinasi keempat], sebab belum ada rekomendasi WHO ataupun SAGE atau ITAGI,” ujarnya seperti dikutip Solopos.com, Sabtu (18/6/2022).

Sementara itu, Kepala Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Penanganan Covid-19 Alexander K Ginting juga memberi tanggapan terkait wacana vaksinasi dosis keempat.

Menurutnya, hal itu belum jadi prioritas saat ini pemerintah mengejar cakupan vaksinasi dosis ketiga.

Baca Juga: Hepatitis Misterius Menyebar Lewat Udara & Makanan, Ini Saran Kemenkes

“Ini masih menjadi pekerjaan rumah kita bersama, kami [pemerintah] tidak berpikir dulu untuk vaksinasi keempat. Kami berpikir bagaimana vaksinasi ketiga khususnya di Jawa-Bali dan beberapa provinsi di luar Jawa Bali,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan jika vaksinasi Covid-19 selama ini berfungsi untuk melengkapi penerapan memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan (3M) dalam penanggulangan Covid-19.

Baca Juga: Kemenkes: 7 Dari 10 Penderita Hipertensi Tak Sadar Diri Mereka Sakit

“Oleh sebab itu, disampaikan masyarakat sekarang adalah bahayanya masih ada terutama masyarakat rentan. Inilah menjadi PR kita ke depan bagaimana vaksinasi ketiga ataupun booster bisa selesai sesuai target,” kata Alexander.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kasus Covid-19 Meningkat, Indonesia Gelar Vaksinasi Keempat? Ini Jawaban Kemenkes”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya