SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan keterangan kepada wartawan saat berada di Desa Palur, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Senin (5/3/2021) petang. (Solopos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN -- Gubernur Jawa Timur meminta warganya untuk mematuhi aturan pemerintah yang melarang mudik pada Lebaran 2021. Ia menyebut kebijakan tersebut untuk menekan penyebaran Covid-19 sejalan dengan dijalankannya program vaksinasi.

Di Jawa Timur sendiri, kata Gubernur, penambahan kasus Covid-19 sudah cenderung melandai. Namun demikian, penyebaran belum benar-benar berhenti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Larangan mudik itu berlaku secara nasional. Jadi, kalau ada larangan mudik, di Jawa Timur juga begitu [dilarang]," kata Khofifah saat kunjungan di Desa Palur, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun, Senin (5/3/2021) petang.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia meminta masyarakat Jawa Timur yang merantau supaya bersabar. Hal ini karena pandemi Covid-19 belum benar-benar berhenti.

Baca Juga: Siswa SD di Kota Madiun Ikuti PAS di Sekolah

"Karena Covid-19 ini belum benar-benar berhenti. Melandai iya, tapi belum berhenti penyebarannya," jelas dia.

Saat ini pemerintah sedang berusaha untuk mencegah persebaran Covid-19 dengan vaksinasi. Langkah ini juga perlu dilakukan secara masif sampai pada persentase tertentu.

"Vaksinasi harus dimasifkan sampai terbentuk herd immunity," jelas Gubernur.

Pantauan Solopos.com dari stius infocovid-19.jatimprov.go.id per Selasa (6/4/2021), terjadi penambahan 230 kasus baru Covid-19. Jumlah kasus sembuh juga bertambah 269 orang.

Baca Juga: Tak Beroperasi Setahun, Karyawan Geruduk Pemilik Bus Cendana

Sehingga secara akumulasi, ada 140.782 kasus Covid-19 di Jatim dengan 1.876 di antaranya kasus aktif. Sedangkan Total kasus sembuh ada 128.862 orang.

Sementara pasien Covid-19 yang meninggal bertambah 30 orang totalnya menjadi 10.044 orang. Hingga kini tidak ada wilayah di Jatim yang masuk kategori zona merah Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya