SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasien Covid-19 di Jawa Tengah (Semarangpos.com-Bidhumas Polda Jateng)

Solopos.com, SEMARANG -- Kasus baru Covid-19 di Jawa Tengah atau Jateng meledak, ditandai dengan tambahan kasus baru 1.362 orang pada Jumat (13/11/2020).

Sebelumnya, Satgas Covid-19 nasional menyebutkan pada Jumat terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia. Dalam sehari terdapat 5.444 kasus positif Covid-19 yang ditemukan di Indonesia. Dari jumlah itu, kasus Covid-19 paling banyak ditemukan di Jateng yakni 1.362 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di sisi lain, Pemerintah Provinsi Jateng menilai lonjakan kasus baru disebabkan tracing dan testing yang diperbanyak selama sepekan terakhir.

Sehari Tambah 4 Pasien, Total Positif Covid-19 Kota Madiun Tembus 183

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah atau Dinkes Jateng, dr. Yulianto Prabowo, mengatakan 80 persen kasus baru Covid-19 yang ditemukan di Jateng merupakan pasien tanpa gejala atau orang tanpa gejala (OTG).

Pasien dengan kategori tersebut sulit terdeteksi dan harus disiasati dengan tracing yang masif. Hal ini sesuai apa yang dilakukan Dinkes Jateng sepekan terakhir.

Tracing dan testing yang masif itu membuat banyak kasus baru positif Covid-19 yang ditemukan. Lantaran itu kasus Covid-19 di Jateng terkesan melonjak karena bertambah signifikan.

Tanda Suami Kamu Memasuki Puber Kedua, Suka Selingkuh?

Melebihi Standar WHO

“Dalam sepekan terakhir teman-teman di puskesmas melakukan tracing dan tes secara masif. Rata-rata per hari bisa 9.500 tes PCR. Itu hampir dua kali standar harian WHO [Badan Kesehatan Dunia],” ujar Yulianto kepada Solopos.com, Jumat malam.

Pernyataan itu sejalan dengan temuan di daerah. Kepala Desa Bedoro, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Pri Hartono, dalam diskusi virtual bersama Solopos, Jumat, mengatakan tracing massif digelar di desanya.

Pedagang Kios Jl. W.R. Supratman Sragen Pasang Poster Tolak Relokasi

Tracing ini menyasar warga lanjut usia dan ibu hamil. Hasil tracing menunjukkan ada tiga kasus baru Covid-19 di Desa Bedoro yang menambah daftar kasus virus Corona di Jateng.

“Ada tambahan tiga hari ini [Jumat]. Ya karena ada tes [swab] kepada ibu hamil dan warga lansia di desa kami. Sudah langsung ditangani,” ujar dia.

Selain kasus Covid-19 di Jateng, lonjakan kasus di Indonesia pada Jumat juga banyak yang berasal dari DKI Jakarta dengan 1.032 kasus. Disusul Jawa Barat dengan 801 kasus, Kalimantan Timur 277 kasus, dan Jawa Timur 239 kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya