Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Kasus Cacar Monyet Meluas, Apakah Indonesia Termasuk?

Kasus cacar monyet telah ditemukan di sejumlah negara, bagaimana halnya dengan di Indonesia?
SHARE
Kasus Cacar Monyet Meluas, Apakah Indonesia Termasuk?
SOLOPOS.COM - Penyakit cacar monyet. (Istimewa/stvincenttimes.com)

Solopos.com, SOLO-Kasus cacar monyet (monkeypox) semakin meluas ke banyak negara, apakah Indonesia salah satu di antaranya? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Hingga pekan lalu, penyakit ini telah merebak di 47 negara dan Inggris jadi negara dengan sebaran terbanyak dengan 910 kasus terkonfirmasi. Mengacu pada laporan yang dibagikan oleh pusat pengendalian dan pencegahan penyakit, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) hingga Jumat (24/6/2022) terdapat 4.106 kasus terkonfirmasi yang tersebar di 47 negara.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Baca Juga: Apakah Virus Cacar Monyet Berbahaya? Ini Penjelasannya

Bagaimana halnya di Indonesia, apakah sudah ada temuan kasus cacar monyet? Sebelumnya diketahui bahwa sebaran kasus cacar monyet di luar negara endemik diduga awalnya terjadi lewat orang-orang yang memiliki riwayat perjalanan ke kawasan negara endemik seperti Afrika Barat dan Tengah. Namun seiring dengan meluasnya kasus sebarannya tersebut, cacar monyet dapat menjangkiti siapa saja meskipun mereka tidak kedapatan memiliki riwayat perjalanan ke Kawasan endemik.

Bahkan, baru-baru ini Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperbarui status negara endemik dan non endemik dalam lingkup sebaran penyakit cacar monyet ini. Hal tersebut dilakukan, mengingat sebarannya juga kian meluas di berbagai negara Eropa.

Kabar baiknya, Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril menginformasikan dalam siaran pers yang dilakukan pada, Jumat (24/6/2022), bahwa hingga saat ini belum ada kasus terkonfirmasi cacar monyet di Indonesia.

“Untuk di Indonesia, alhamdulillah kasusnya belum ada ya,” paparnya dikutip dari Bisnis.com pada Selasa (28/6/2022).

Baca Juga: Banyak Ditemukan pada Kaum LGBT, Cacar Monyet Bukan Penyakit Gay

Berikut 15 dari 47 negara yang memiliki kasus sebaran cacar monyet tertinggi di dunia antara lain Inggris 910 kasus, Spanyol 736 kasus, Jerman ada 676 kasus, Portugal ada 348 kasus, Prancis ada 330 kasus,  Kanada 235 kasus, Belanda 211 kasus,  Amerika Serikat ada 200 kasus, Italia ada 127 kasus,  Belgia ada  77 kasus, Switzerland 55 kasus, Irlandia ada 28 kasus, Australia ada 20 kasus, Israel ada 16 kasus, dan  Brazil ada 14 kasus.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ini Negara yang Punya Kasus Cacar Monyet



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode