SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes DNA. (Freepik)

Solopos.com, SRAGEN — Kasus bocah perempuan usia 13 tahun dan duduk di bangku SMP Kabupaten Sragen, Jawa Tengah diduga mengalami kekerasan seksual hingga hamil dan melahirkan bayi laki-laki itu bikin heboh.

Namun, hingga kini belum diketahui siapa pelaku kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur tersebut. Kasus tersebut dalam penyelidikan Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Sragen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mereka berencana melakukan tes DNA untuk mengetahui siapa laki-laki yang tega melakukan kekerasan seksual terhadap bocah perempuan tersebut. Sebelumnya, diberitakan kakek bocah 13 tahun tersebut siap membiayai tes DNA secara mandiri jika Polres Sragen tak bersedia melakukannya.

Pihak Polres Sragen menyatakan akan berkoordinasi dengan pihak terkait menyangkut tes DNA untuk mengetahui siapa ayah si jabang bayi. Namun polisi menyebut biaya tes DNA mahal.

Mengutip bisnis.com, tes DNA atau deoxyribonucleic acid memiliki banyak manfaat, salah satunya mengetahui garis keturunan. Sayangnya, biaya tes DNA di Indonesia masih mahal.

Baca Juga : Round Up Kasus Bocah SMP Umur 13 Tahun di Sragen Melahirkan

Sebetulnya, biaya tes DNA tersebut wajar karena ada banyak prosedur yang harus dilakukan. Mulai dari pengambilan sampel (swab mukosa mulut) hingga uji lab dengan DNA pembanding. Bahkan, beberapa tempat yang menyediakan layanan tes DNA harus mengirim sampel ke luar negeri dalam prosesnya, seperti Jepang.

Di samping itu, tes ini juga memampukan seseorang untuk mengetahui penyakit bawaan dan kelainan genetika, misalnya down syndrom dan stone man’s disease. Tes DNA juga dapat dilakukan sebagai tes praimplantasi dalam prosedur bayi tabung. Melalui tes ini akan dipantau apakah terdapat gen abnormal pada embrio sebelum diletakkan pada rahim.

Berikut ini data rumah sakit dan laboratorium di Jakarta dan sekitarnya yang dapat melakukan tes DNA serta biayanya:

1. Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta Pusat : Rp11.000.000

2. RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat : Rp10.000.000

Baca Juga : Pemkab Tanggung Biaya Tes DNA Bayi yang Lahir dari Bocah SMP di Sragen

3. Cordlife Persada, Jakarta Pusat : Rp8.000.000

4. Rumah Sakit Bhayangkara Tk. IR. Said Sukanto, Jakarta Timur : Rp7.500.000

5. Global Doctor Indonesia, Jakarta Timur : Rp6.500.000

6. Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung : Rp9.000.000 per 3 anggota keluarga (+ Rp 1.000.000/1 tambahan anggota keluarga)

7. Division of Human Genetics Center for Biomedical Research Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang : Rp8.000.000-Rp12.000.000

8. RSUP Sanglah, Denpasar : Rp7.000.000-Rp8.000.000

Baca Juga : Bocah SMP di Sragen yang Lahirkan Bayi Laki-Laki Sebut Nama Pelaku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya