Solopos.com, KLATEN – Petugas kesehatan hewan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Klaten menggelar vaksinasi antraks ke ribuan ternak di wilayah perbatasan dengan Gunungkidul, DIY.

PromosiMitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hal itu dilakukan setelah ada temuan kasus antraks di wilayah Gunungkidul.

 

Petugas menyuntikkan vaksinasi antraks ke sapi milik peternak di Desa Gentan, Kecamatan Gantiwarno, Selasa (8/2/2022). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Baca Juga: Antisipasi Antraks, Sapi di Perbatasan Gunungkidul Segera Divaksinasi

Hewan ternak sapi itu tersebar di delapan desa, empat kecamatan yang berbatasan langsung dengan Gunungkidul. Desa-desa itu yakni Desa Gentan dan Karangturi, Kecamatan Gantiwarno, Desa Kaligayam, Kecamatan Wedi, Desa Nengahan, Bogem, dan Ngerangan, Kecamatan Bayat serta Desa Karangasem dan Burikan, Kecamatan Cawas.

Vaksinasi dilakukan 8-17 Februari 2022 dengan sasaran ternak sapi sekitar 2.378 ekor. Dalam proses vaksinasi itu, sapi bunting tak diberikan vaksinasi antraks. Namun, petugas memberikan vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh sapi bunting.

 

Petugas kesehatan hewan mengambil vitamin sebelum disuntikkan ke ternak bunting di Desa Gentan, Kecamatan Gantiwarno, Selasa (8/2/2022). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Petugas dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Klaten mengecek kondisi kesehatan hewan serta melakukan vaksinasi antraks di Desa Gentan, Kecamatan Gantiwarno, Selasa (8/2/2022). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi