SOLOPOS.COM - Ilustrasi penipuan online. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Kisah tragis menimpa seorang driver ojek online (ojol) di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), bernama Irwanuri Kiswanto. Menjelang hari raya Idulfitri atau Lebaran 2022, ia justru menjadi korban penipuan bermodus link undian pada Selasa (19/4/2022).

Akibat kasus penipuan itu, driver ojek online asal Semarang itu kehilangan uang tabungan Rp65 juta. Padahal, uang tabungan itu rencana digunakan untuk membangun rumah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Irwanuri mengatakan awalnya dirinya mendapat telepon dari orang yang tak dikenal yang mengaku sebagai karyawan sebuah bank milik pemerintah. Ia kemudian diminta mengeklik sebuah link undian dengan menyertakan one time password (OTP). Ia pun tergiur dengan hadiah yang ditawarkan hingga uang Rp65 juta miliknya yang ada di tabungan lenyap.

Kendati demikian, Irwanuri masih tak percaya jika uang yang ia tabung selama bertahun-tahun hilang seketika. Apalagi, uang puluhan juta tersebut akan digunakan untuk membangun rumah sederhana untuk keluarganya.

Ekspedisi Mudik 2024

Irwanuri menceritakan, dulunya sebelum menjadi driver ojek online atau ojol sempat bekerja sebagai buruh pabrik. Namun, ketika pandemi Covid-19 datang pada 2020 lalu, ia terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Baca juga: Cabuli Anak Tiri, Driver Ojek Online di Semarang Ditangkap

Saat bekerja dipabrik, korban sempat memiliki keinginan membangun rumah. Ia pun menabung sedikit demi sedikit. “Kalau ditotal dari masih bekerja jadi pabrik sampai jadi ojol itu sudah menabung selama 7 tahun,” ujarnya, Selasa (26/4/2022).

Ia menjelaskan, uang yang berhasil terkumpul hanya sekitar Rp36 juta. Selebihnya, ia meminjam di bank. “Kebetulan istri saya juga ada usaha kecil-kecilan, jadi saya pinjam melalui kredit usaha rakyat,” jelasnya.

Akibat kasus penipuan yang ia alami, Irwanuri dan keluarganya pupus harapan. Hingga sekarang, Irwanuri masih trauma dan enggan keluar rumah untuk bekerja menjadi ojol. Pasalnya, ketika ia keluar rumah tiba-tiba kepala menjadi pusing lantaran teringat uang tabungannya raib.

“Kalau saya bengong di rumah, alhamdulillah keluarga juga banyak yang hibur,” tuturnya.

Baca juga: Espos Plus: Makam Sedah Mirah dan Kisah Kin San, Sang Penguasa Semarang

Bahkan, ia tak berani pergi ke masjid dekat rumahnya. Padahal, sebelumnya Irwanuri merupakan muadzin di masjid itu. “Kemarin sampai pihak masjid datang ke rumah untuk memberi dukungan,” pungkasnya.

Kasus penipuan yang dialami driver ojek online di Kota Semarang ini pun sempat viral di media sosial. Terlebih setelah informasi yang beredar jika laporannya ke Polrestabes Semarang terkesan diabaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya