SOLOPOS.COM - Gerbang Tol Bawen-Salatiga (Sumber: Liputan6.com)

Solopos.com, SOLO — Jalan tol menjadi pilihan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan balik Lebaran 2022. Untuk pembayarannya, kini sudah menggunakan kartu tol atau kartu e-Toll.

Sehingga antrian di pintu masuk maupun pintu keluar tol bisa diminimalisasi. Hanya saja banyak yang belum mengerti secara penuh penggunaan kartu e-Tol tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bahkan ada yang lupa mengecek saldo kartu tol sehingga tidak mengisi ulang. Akibatnya ketika digunakan saldo tak mencukupi dan pintu tol tak mau membuka.

Nah, biar tidak kesulitan saat menggunakan jalan tol sebaiknya pahami beberapa informasi berikut ini yang dikutip Solopos.com, dari laman Auto 2000.

Untuk diketahui penggunaan kartu tol elektronik telah diterapkan di seluruh gerbang tol yang ada di Indonesia dengan beberapa tujuan. Selain mempercepat karena tidak menunggu kembalian, juga mencegah antrian terlalu panjang.

Baca juga: Begini Cara Mengecek Tarif Tol Secara Online, Mudah Kok

Untuk menggunakan kartu tol, Anda hanya perlu menempelkan kartu tol ke bagian yang ditunjuk di pintu tol. Tahan posisi kartu selama beberapa detik agar dapat terdeteksi oleh alat tersebut.

Jika sudah terdeteksi, layar di bagian depan alat pendeteksi akan memberikan sejumlah informasi, yaitu berapa harga tarif tol yang dibayarkan dan berapa sisa saldo yang terdapat di dalam kartu tol.

Agar dapat digunakan saat menggunakan jalan tol, kartu tol harus memiliki saldo yang mencukupi untuk membayar tarif tol yang dilalui kendaraan Anda.

Saldo di dalam kartu tol sendiri juga harus diisi setiap ingin pergi, khususnya untuk jarak tempuh yang jauh. Mengisi saldo kartu tol sudah semakin mudah pada saat ini.

Baca juga: Tips Menghilangkan Bau Apek Dalam Mobil Dengan Bahan Alami

1. Mengisi di Bank

Ada beberapa bank yang telah mengeluarkan produk kartu tol sendiri. Jika memang memiliki salah satu kartu tol keluaran bank, maka Anda bisa mengisinya di bank tersebut.

2. Mengisi di Supermarket

Selain di bank, Anda dapat mengisi saldo di minimarket, cukup ke kasir lalu minta pengisian saldo sesuai kartu tol dari bank tersebut. Isi saldo mudah dan cepat karena diurus oleh kasir.

3. Mengisi dengan Smartphone

Berbagai smartphone saat ini memiliki satu fitur bernama NFC. Fitur ini dapat membaca isi dari kartu yang ditempelkan ke bagian smartphone, termasuk kartu tol sendiri.

Anda bisa mengisi kartu tol di smartphone dengan fitur NFC menggunakan bantuan aplikasi lainnya. Aplikasi yang dimaksud seperti aplikasi bank atau e-commerce. Prosesnya pun terhitung cepat dan mudah bagi para pemula.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya