SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi (JIBI/Antara/dok)

Solopos.com, JAKARTA — Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang dicetuskan oleh masa kepemimpinan Joko Widodo saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta akan diarahkan menjadi program beasiswa. Karena itu, kartu sakti Jokowi berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP) tak dipakai oleh pelajar di Jakarta.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan siswa-siswi di wilayah Provinsi DKI Jakarta hanya berhak mendapatkan Kartu Jakarta Pintar (KJP), bukan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Jadi, para pelajar di Jakarta yang sudah mendapatkan KJP tidak berhak lagi memperoleh KIP. Pelajar Jakarta cukup pakai KJP saja,” kata Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (4/11/2014).

Menurut dia, para pelajar di daerah-daerah lain di Tanah Air lebih membutuhkan jaminan pendidikan berupa KIP tersebut dibandingkan para pelajar yang ada di wilayah DKI Jakarta.

“Lagi pula, saya sudah sampaikan ke Pak Jokowi kalau daerah-daerah lain pasti lebih membutuhkan. Untuk Jakarta, biar ditanggung pakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah [APBD] saja,” ujar Basuki seperti diutip dari Antara.

Presiden Joko Widodo kemarin meluncurkan kartu ‘sakti’ bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya adalah Kartu Indonesia Pintar. Menurut Ahok, penduduk Jakarta masih membutuh KJP. Dia sangat apresiasi dengan program Pemerintah Pusat untuk membantu rakyat, termasuk di wilayah Ibu Kota.

Dia mengklaim jika survei penduduk miskin di Jakarta menggunakan standar komponen Kebutuhan Hidup Layak (KHL), maka angka kemiskinan bisa mencapai 50% dari total penduduk DKI. “Makanya kan penduduk kalau gunakan sistem KHL, yang miskin bisa 50% loh, bukan 3,7%. Jadi kalau Pemerintah Pusat mau bantu, ya kita terima saja kan,” tutur Ahok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya