SOLOPOS.COM - Ilustrasi perumahan. (freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO — Harga rumah di Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah sangat bervariatif.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Sukoharjo, Jawa Tengah, menyebut perizinan perumahan paling tinggi berada di Kecamatan Kartasura. Saat Kartasura menjadi lokasi terfavorit perumahan di Sukoharjo, berapa kisaran harga rumah di kecamatan ini?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Solopos.com melakukan pengecekan harga rumah di Kartasura pada sejumlah laman jual beli rumah, seperti OLX dan rumah.com. Pada laman OLX, tercatat 1.877 unit rumah di Kartasura yang ditawarkan.

Baca Juga : Kenapa Perumahan di Kartasura Sukoharjo Laku Keras?

Solopos.com menerapkan filter wilayah Kartasura dan filter properti rumah dijual. Tercatat harga rumah di perumahan baru yang paling murah kisaran Rp250 jutaan. Rumah ini memiliki tipe 36/72 dan berlokasi di Gumpang, Kartasura.

Harga rumah yang cukup banyak muncul adalah kisaran Rp300 juta hingga Rp500 juta. Perumahan di kawasan Kartasura banyak menawarkan rumah tipe 36/72 dan 45/90 untuk kisaran harga tersebut.

Harga rumah termahal di Kartasura yang ada di OLX adalah Rp22 miliar. Rumah ini memiliki luas bangunan 400 meter persegi dengan luas tanah 2.185 meter persegi. Pemasang iklan di OLX menyebut rumah ini adalah joglo antik disertai limasan dan furniture antik. Rumah ini disebut memiliki empat kamar dan emat kamar mandi.

Baca Juga : Jadi Lokasi Favorit, Harga Rumah di Kartasura Capai Rp22 Miliar

Solopos.com menelusuri laman rumah.com. Harga rumah termurah di Kartasura adalah Rp210 juta. Ada pula rumah Rp235 juta. Lokasi perumahan ini disebut tidak jauh dari IAIN Surakarta. Rumah ini memiliki tipe 36/63.

Harga rumah termahal yang ditawarkan di situs ini Rp12,75 miliar. Rumah ini disebut berada di Singopuran, Kartasura. Rumah tersebut memiliki luas bangunan 700 meter persegi dengan luas tanah 1.399 meter persegi. Rumah ini memiliki sembilan kamar tidur dan tujuh kamar mandi.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) DPKP Sukoharjo, Taufik Aditama, ketika ditemui Solopos.com, Kamis (24/3/2022) di kantornya kompleks Menara Wijaya Lantai VI, Jl. Jend. Sudirman Sukoharjo, mengatakan jumlah perumahan baru di Kartasura mencapai 1.294 unit sejak 2019 hingga 2021.

Baca Juga : Jadi Lokasi Terfavorit Perumahan, Segini Kisaran Harga Rumah di Kartasura

“Setelah Kartasura ada Kecamatan Sukoharjo. Saat ini masih masuk perizinan dari beberapa pengembang di berbagai daerah di Sukoharjo. Rata-rata setiap bulan 5-6 pengembang mengajukan perizinan perumahan dengan jumlah 14-100 unit rumah,” jelasnya.

Posisi ketiga berada di wilayah Mojolaban dengan jumlah 923 unit. Disusul Baki sejumlah 850, Gatak dengan 497 unit, Grogol 405 unit, Nguter 331, Bendosari 159 unit, Polokarto 91 unit dan Bulu 21 unit.

Taufik mengatakan faktor wilayah sangat memengaruhi pemilihan lokasi perumahan. Menurut dia, Kartasura menjadi pilihan terfavorit karena letaknya strategis dan dekat dengan kawasan kota. “Karena [posisinya] perbatasan Solo, Boyolali, Karanganyar mungkin ya. Kalau karena harga tanah di Kartasura sepertinya tidak,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya