SOLOPOS.COM - Franc Ribery terancam sanksi jika mengundurkan diri dari Timnas Prancis. Ist/Dok

Solopos.com, PARIS— Bintang Bayern Munich asal Prancis, Franck Ribery, terancam sanksi suspensi dengan klubnya di ajang Bundesliga Jerman itu menyusul keputusannya mundur dari timnas.

Ribery mengumumkan menarik diri dari panggung internasional menyusul cedera punggung yang membuatnya absen di Piala Dunia 2014, Juni-Juli lalu. Keputusan itu jelas mengejutkan publik Prancis mengingat mereka akan menjadi tuan rumah Euro 2016 yang akan bergulir dua tahun ke depan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Federasi sepak bola Prancis (FFF) sendiri enggan kehilangan harapan akan memainkan winger 31 tahun itu pada saat berlangsungnya putaran final Euro 2016. Presiden FFF, Noel Le Graet, dalam pernyataannya kepada media lokal bahkan menegaskan Ribery tidak memiliki pilihan selain bermain untuk Prancis jika namanya dicantumkan sebagai salah satu pemain yang dipanggil timnas.

Terlebih pelatih Prancis, Didier Deschamps, mengungkapkan masih membuka pintu kembalinya eks penyerang Olympique Marseille itu.

Ancaman justru muncul dari presiden asosiasi sepak bola Eropa (UEFA), Michel Platini. Platini yang juga eks bintang Prancis itu mengungkapkan Ribery bisa mendapatkan sanksi atas keputusannya menolak bermain untuk Les Bleus, julukan Prancis.

“Saya tak bisa memahami hal ini. Bukan pemain yang memutuskan apakah dia akan bergabung ke tim nasional, tetapi pelatih. Ribery tidak bisa sesederhana itu memutuskan apakah dia akan bermain bagi [Timnas] Prancis atau tidak. Jika Didier Deschamps memanggilnya, dia harus memenuhinya,” ujar Platini dilansir Soccerway, Minggu (7/9).

“Hal itu diatur telah dalam ketentuan FIFA. Jika [Ribery] tidak memenuhi [panggilan timnas], dia akan dikenai sanksi suspensi. Saya tidak bisa mengerti dirinya. Dia seorang warga Prancis dan Euro 2016 akan dilangsungkan di Prancis,” lanjutnya.

Ribery melakoni debutnya bersama Prancis pada Mei 2006 silam dalam laga persahabatan melawan Meksiko. Pemain bernama lengkap Franck Bilal Ribery itu total mencatat 81 caps dalam balutan seragam timnas dengan menyumbangkan 16 gol. (Triyono/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya