SOLOPOS.COM - Evan Dimas (putih) berebut bola dengan Hamka Hamzah, pemain Pusamania Borneo FC pada babak delapan besar Piala Jenderal Sudirman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, beberapa waktu lalu. (JIBI/Harian Jogja/Jumali)

Karier pemain asal Indonesia, Hamka Hamzah dan Ferdinand Sinaga di Liga Timor Leste segera terealisasi. Kedua pemain ini saat ini tengah bersiap sebelum terbang ke Dili, awal Februari mendatang.

 
Harianjogja.com, JAKARTA — Satu per satu pesepak bola top Indonesia cabut ke luar negeri. Konflik berkepanjangan antara PSSI dengan Kemenpora yang membuat kompetisi mati suri jadi alasan utama. Rumor transfer terkini menyebut dua pelanggan Timnas Indonesia, Hamka Hamzah dan Ferdinand Sinaga bersiap bermain di Liga Timor Leste.
“Mereka akan terbang ke Dili pada 1 Februari 2016. Klub mana tempat mereka bermain, tunggu saja kabar selanjutnya,” kata sang sumber yang berencana buka-bukaan setelah proses administrasi kepindahan kedua pemain beres.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Baik Hamka maupun Ferdinand kini berstatus bebas kontrak. Hamka baru saja mengundurkan diri dari Pusamania Borneo FC, pasca klubnya tersingkir dari semifinal Piala Jenderal Sudirman. Sebenarnya sang bek yang berstatus kapten Tim Pesut Etam, masuk daftar pemain yang dipertahankan klub.Hanya saja sang pemain di penyisihan PJS sempat berkaul akan mengundurkan diri bila Borneo FC gagal juara ia akan mundur dari tim.

Stopper asal Makassar tersebut lewat akun Instagram pribadinya sudah pamitan ke suporter Borneo FC. “Terima kasih banyak PBFC, khususnya adik saya Nabil Hussein, dan masyarakat Samarinda yang selalu percaya dengan saya. Saatnya saya berpamitan,” tulis Hamka Hamzah.

Media Officer Borneo FC, Abe Hedly, sempat menyebut Hamka bakal bakal berkiprah di Liga India. Namun kebenaran informasi tersebut terpatahkan.

Di sisi lain, Ferdinand Sinaga juga memutuskan tidak memperpanjang kontrak dengan Sriwijaya FC. Striker yang pada musim 2014 mengantarkan Persib Bandung juara Indonesia Super League tersebut sempat dirumorkan hengkang ke PSM Makassar, klub kampung halaman sang istri.

Agen yang menaungi Ferdinand, Gabriel Budi, sempat buka kartu kalau pemainnya sedang bernegosiasi dengan salah satu klub asal Singapura. “Sudah ada pembicaraan dengan klub S-League, tapi masih dalam proses. Nanti bila sudah ada kepastian akan kami beritahukan lebih lanjut,” kata Gabriel pada Minggu (10/1/2016).

Klub-klub Timor Leste sedang agresif berburu pemain asal Indonesia. Kompetisi profesional berlabel Liga Futebol Amadora bakal mulai dihelat pada 25 Februari 2016.

Trio Indonesia yakni Titus Bonai, Patrich Wanggai, dan Abdulrahman secara resmi telah meneken kontrak dengan klub Timor Leste, Karketu Dili FC. Mereka bahkan sudah tampil di laga play-off Liga Futebol Amadora pada Kamis (21/1/2016).

FC Porto Taibesse kabarnya jadi klub yang akan jadi klub pelabuhan Hamka dan Ferdinand. Asisten pelatih Porto, Miro Baldo Bento, mengaku klubnya sedang berburu 3 pemain asing. Mereka memprioritaskan pemain-pemain asal Indonesia.

Sayangnya, Miro yang mantan striker Timnas Indonesia, hanya mau menyebut satu nama pemain yang jadi incaran klub asuhannya, yakni Boaz Solossa. “Agak berat merekrut Boaz, karena ia punya keterikatan kuat dengan Persipura Jayapura. Kami akan mencari pemain lain. Pemain Indonesia harganya relatif murah, dan kami yakini akan cepat beradaptasi,” kata Miro.

Jika Hamka Hamzah dan Ferdinand Sinaga jadi bermain di Liga Timor Leste, daftar pesepak bola Tanah Air yang cabut ke luar negeri karena konflik sepak bola nasional kian bertambah. Baru-baru ini Dedi Kusnandar meneken kontrak dengan klub Sabah FA. Sebelumnya sudah ada Dedi Gusmawan yang berkiprah di Liga Myanmar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya