SOLOPOS.COM - Kareem Abdul Jabar Social Justice Champion. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA -- NBA memberikan penghormatan Kareem Abdul-Jabbar menjadi nama penghormatan Kareem Abdul-Jabbar Social Justice Champion. Penghargaan tahunan ini diberikan kepada pemain NBA karena telah berjuang menyuarakan keadilan sosial.

Mengutip Antara, Jumat (14/5/2021),  penghargaan ini juga unutuk pemain yang menjunjung tinggi nilai-nilai dalam NBA mengenai kesetaraan, rasa hormat dan inklusi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penghargaan ini diambil dari nama juara NBA enam kali dan orang yang masuk dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame, Kareem Abdul-Jabbar. Penerima penghargaan adalah mereka yang memiliki misi Abdul-Jabbar untuk mendorong perubahan dan menginspirasi orang lain untuk menyuarakan keadilan.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Kerusuhan Solo Mei 1998, Potret Sejarah Kelam Soloraya

Pemenang penghargaan Kareem Abdul-Jabbar Social Justice Champion akan memilih sebuah organisasi untuk menerima sumbangan US$100.000 dolar AS sekitar Rp1,4 miliar atas namanya. Empat finalis lainnya masing-masing akan memilih organisasi untuk menerima sumbangan US$25.000 dolar.

"Saya merasa terhormat dan bersyukur bisa dikaitkan dengan penghargaan ini yang akan mengakui orang-orang yang berdedikasi dan tidak mementingkan diri sendiri yang berjuang untuk menyuarakan keadilan sosial bagi semua orang yang terpinggirkan," kata Abdul-Jabbar, dikutip dari laman resmi NBA, Jumat.

Komisaris NBA, Adam Silver, menyatakan selain menjadi salah satu pemain terhebat NBA, Kareem Abdul-Jabbar telah mengabdikan sebagian besar hidupnya untuk mengadvokasi kesetaraan dan keadilan sosial.

Baca Juga : Warganet Indonesia Gaungkan INA Stands With Palestine di Twitter

Seluruh 30 tim NBA akan menominasikan satu orang dari daftar pemain mereka untuk menjadi Kareem Abdul-Jabar Social Justice Champion. Finalis dan pemenang akan dipilih oleh komite yang terdiri atas legenda NBA, eksekutif NBA dan mereka yang memimpin gerakan advokasi keadilan sosial.

Abdul-Jabbar telah menyuarakan keadilan sejak masa mudanya. Pada usia 17, dia bertemu Dr. Martin Luther King Jr. di kampung halaman Abdul-Jabbar di Harlem, NY. Abdul-Jabbar berkomitmen untuk menggunakan pengaruhnya sebagai atlet yang dilihat publik untuk terlibat dalam masalah sosial selama Gerakan Hak Sipil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya