SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak sekolah. (Freepik.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sekolah jenjang PAUD, SD dan SMP di wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah mulai menerapkan lima hari sekolah pada tahun ajaran 2022/2023.

Penerapan lima hari sekolah sesuai surat edaran (SE) Bupati Karanganyar Juliyatmono Nomor 421/3.047.4 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Pendidikan di Karanganyar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam SE yang ditandatangani Bupati Karanganyar tertanggal 8 Juli 2022 itu berisi bahwa penyelenggaraan pendidikan jenjang PAUD, SD dan SMP diberlakukan lima hari, yaitu Senin-Jumat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar Yopi Eko Jatiwibowo mengatakan lima hari sekolah sudah mulai berjalan di sekolah-sekolah.

Sebelumnya sosialisasi mengenai penerapan lima hari sekolah telah dilakukan ke seluruh penyelanggara pendidikan di seluruh satuan di Karanganyar.

Baca Juga: Ini Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini: Mendung Lalu Hujan

“Lima hari sekolah ini sesuai arahan bupati. Salah satunya menyesuaikan hari kerja aparatur sipil negara (ASN) di Karanganyar,” kata dia ketika berbincang dengan Karanganyar, Kamis (14/7/2022).

Penerapan lima hari sekolah juga diharapkan mampu memberikan peluang waktu lebih banyak bagi murid untuk bersosialisasi. Selain itu mengasah kemampuan ketrampilan masing-masing murid.

Baca Juga: Kepergok, Maling Kotak Infak Masjid Ngringo Karanganyar Dihajar Warga

Terkait teknis penyelenggaraan lima hari sekolah ini, Yopi mengatakan telah diatur masing-masing sekolah. Dimana secara otomatis jam kegiatan belajar mengajar (KBM) siswa ditambah hariannya.

“Sejauh ini tidak ada masalah,” kata dia.

Dikatakan Yopi, beberapa sekolah langsung menerapkan lima hari sekolah langsung saat hari pertama pembelajaran tatap muka (PTM) tahun ajaran baru kemarin. Bagi sekolah yang belum menerapkan, diminta segera menyesuaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya