SOLOPOS.COM - Ilustrasi Perguruan Muhammadiyah. (suaramuhammadiyah.id)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kabupaten Karanganyar akan memiliki dua universitas dalam waktu dekat. Terbaru, akan didirikan universitas yang cukup besar milik Persyarikatan Muhammadiyah.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyampaikan Kabupaten Karanganyar sudah memiliki satu universitas, yakni Universitas Surakarta (Unsa) yang berada di Jalan Raya Palur No.5 Jurug, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar. Data yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, kampus tersebut berdiri pada 27 Oktober 1995.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : Universitas Muhammadiyah Jawa Tengah di Karanganyar akan Miliki 6 Prodi

Terbaru, Kabupaten Karanganyar akan menjadi lokasi pembangunan universitas yang diklaim cukup besar milik Persyarikatan Muhammadiyah. Bahkan, Bupati menyampaikan sudah mengantongi izin operasional pembangunan kampus tersebut.

Hal tersebut diungkapkan orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar itu seusai menemui Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (27/10/2021).

“Dulu kami pernah mengusulkan agar ada kampus yang representatif di Karanganyar, lalu ditindaklanjuti oleh Muhammadiyah. Namanya ini sementara Universitas Muhammadiyah Jawa Tengah [UMJT]. Sekarang, izin operasional pembangunan kampus ini sudah turun,” ujarnya kepada wartawan.

Baca Juga : Di Karanganyar akan Dibangun Universitas Muhammadiyah Jawa Tengah

Yuli, sapaan Juliyatmono, menambahkan kampus yang rencananya berlokasi di wilayah Desa Papahan, Kecamatan Tasikmadu, tersebut juga akan memiliki kekhasan dalam kurikulum pendidikannya. Kampus tersebut akan diarahkan kepada pengembangan pendidikan tentang tanaman obat-obatan tradisional. “Kurikulumya diarahkan ke pendidikan tentang tanaman obat-obatan tradisional,” imbuh Yuli.

Solopos.com mengonfirmasi kapan rencana pembangunan kampus milik Persyarikatan Muhammadiyah itu akan direalisasikan, Yuli menjawab dalam waktu dekat. Sayangnya, dia enggan menyampaikan detail waktu.

“Dalam waktu dekat [mulai pembangunan]. Kan [Kabupaten Karanganyar] sudah ada Unsa [jadi UMJT menjadi universitas kedua di Karanganyar],” tutur dia saat berbincang dengan Solopos.com melalui pesan aplikasi WhatsApp, Kamis (28/10/2021).

Baca Juga : Menko PMK Sebut Karanganyar Cocok untuk Pengembangan Pendidikan

Soal nama, Yuli menyebut akan memberi nama universitas kedua di Karanganyar itu dengan UMJT. Solopos.com memberikan masukan bila nama universitas tersebut bukan UMJT melainkan Universitas Muhammadiyah Karanganyar. “Katanya sih biar besar [Jawa Tengah]. Jangkauannya juga luas begitu,” ujarnya singkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya