SOLOPOS.COM - Ilustrasi kucing bermain. (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Prantara Santosa, mengungkap pelaku yang menembak beberapa ekor kucing di Sekolah Komando (Sesko) TNI Bandung, Jawa Barat.

Kapuspen mengatakan penembak kucing-kucing di Sesko TNI Bandung Jawa Barat itu diduga jenderal bintang satu, yakni Brigjen TNI NA.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Menindaklanjuti perintah Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa pada Rabu [17/8/2022] untuk menyelidiki dugaan penganiayaan terhadap beberapa ekor kucing di lingkungan Sesko TNI Bandung. Tadi malam Komandan Sesko TNI dan Tim Hukum TNI membenarkan bahwa Brigjen TNI NA [anggota organik Sesko TNI] telah menembak beberapa ekor kucing,” kata Prantara dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Dia menjelaskan peristiwa penembakan terhadap beberapa ekor kucing itu terjadi pada Selasa (16/8/2022) siang. Terduga pelaku menembak beberapa ekor kucing di Sesko TNI itu menggunakan senapan angin milik pribadi.

Berdasarkan pengakuannya, lanjutnya, Brigjen TNI NA melakukan tindakan itu dengan maksud menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan tempat tinggal atau tempat makan Perwira Siswa Sesko TNI dari kucing liar. NA membantah melakukan itu karena benci terhadap kucing.

Baca Juga : Waduh! Kasus Penembakan Kucing Masih Terjadi di Karanganyar

Selanjutnya, Tim Hukum TNI menindaklanjuti proses hukum Brigjen TNI NA, khususnya menyangkut Pasal 66 UU No.18/2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan Pasal 66A, Pasal 91B UU No.41/2014 tentang Perubahan atas UU No.18/2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Penembakan terhadap kucing-kucing di Sesko TNI Bandung itu ramai dibicarakan di media sosial. Total ada enam kucing yang ditembak oleh Brigjen TNI NA di Sesko TNI.

Peristiwa tersebut diunggah akun Instagram @rumahsinggahclow seperti dikutip Solopos.com pada Kamis (18/8/2022).

“Adakah keadilan untuk mereka. Kejadian ini di Sesko TNI Martanegara, Bandung dan hasil pemeriksaan di lokasi, info TNI ungkap pelaku penembakan kucing-kucing di Sesko TNI, Brigjen NA. Terima kasih Pak @jenderaltniandikaperkasa sudah mengungkap pelaku penembak kucing di Sesko TNI. Terima kasih pak @rizky_irmansyah @ridwankamil. Update kondisi kucing yang ditembak, hasil pemeriksaan dari tim dokter @amoreanimalclinic semua kucing ditemukan peluru,” tulisnya.

Akun Instagram tersebut juga menampilkan foto dan video salah satu kucing yang selamat dari penembakan dan telah dibawa ke klinik hewan di Jakarta. Pada tubuh kucing itu ditemukan dua peluru.

Baca Juga : Astaga! 3 Anak Kucing Dibuang Di Pasar Solo, Tali Pusarnya Diikat

“Ditemukan dua peluru dari mata tembus ke mulut dan ada peluru satu lagi di punggung. Saat ini sudah di @amoreanimalclinic kucing dibawa dari Bandung ke Jakarta,” unggahnya.

Akun tersebut juga menuliskan bahwa tiga ekor kucing yang ditembak dalam kondisi bunting. “Kucing-kucing banyak mati di tembak terjadi di Sesko TNI Martanegara Bandung. 3 kucing kondisi hamil dan 2 kucing masih hidup dengan bagian mata hancur,” tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya