SOLOPOS.COM - Pengendara melintas di antara gapura Kampung Tegalasri, Bejen, Karanganyar, Selasa (24/10/2017). (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos)

Kapolri akan meresmikan kantor TMC di Solo.

Solopos.com, SOLO — Kapolri Jenderal Tito Karnavian dijadwalkan meresmikan Traffic Management Center (TMC) atau Pusat Pengendali Lalu Lintas di Kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Solo, Jl. Slamet Riyadi, Gendengan, Purwosari, Laweyan, Solo, Senin (6/11/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasatlantas Polresta Solo Kompol Imam Syafi’i, mewakili Kapolresta Solo AKBP Ribut Hari Wibowo mengatakan pembangunan kantor TMC di Solo dilaksanakan mulai awal Mei 2017. Kantor tersebut berada di Kantor Satlantas Polresta Solo di bagian depan.

“Pembangunan kantor TMC tidak menempati tanah baru. Kantor Satlantas Solo bagian depan hanya diubah fungsinya dan didesain menjadi kantor TMC,” kata dia, Jumat (3/11/2017).

Dia mengatakan pembangunan kantor TMC dilakukan dengan menata bangunan fisik bagian dalam dan luar. “Kantor Satlantas yang ada sekarang bersatus sebagai BCB [Benda Cagar Budaya]. Kami tidak berani mengubah bangunan karena bisa melanggar Undang-Undang,” kata dia.

Imam menjelaskan Kantor Satlantas dijadikan sebagai pusat kendali lalin di Kota Bengawan karena lokasinya sangat strategis. Pembangunan kantor TMC rencananya ditargetkan selesai Desember. Namun, sudah selesai pada awal November 2017.

Kasubdit Korlantas Mabes Polri, AKBP Ronald Rumondor, mengatakan rekanan pelaksana pembuatan kantor TMC di Solo adalah PT Cahaya Karunia. Anggaran yang disediakan dalam pembangunan kantor TMC senilai Rp39 miliar.

“Anggaran senilai Rp39 miliar lebih banyak untuk pengadaan alat-alat seperti kamera CCTV [Closed Circuit Television], komputer, laptop, genset, jaringan internet, dan lainnya. Kami juga memasang CCTV baru di sejumlah lokasi di jalan raya di Solo,” kata dia.

Mantan Kapolres Minahasa ini mengatakan Kota Solo meskipun kecil kepadatan lalu lintasnya sama dengan kota besar di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya