SOLOPOS.COM - Salah satu posko ormas yang diubah menjadi musala di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (7/12/2021). ANTARA /Walda

Solopos.com, JAKARTA – Kapolres Metro Jakarta Barat meminta seluruh atribut organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang terpasang di sejumlah tempat di wilayah itu diturunkan agar masyarakat paham hidup berpancasila.

“Simbol tersebut diturunkan supaya mengurangi hal yang sifatnya egosentris karena kita tinggal di daerah berdasarkan Pancasila, tidak boleh ada yang lebih tinggi dari merah putih,” kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo kepada Antara di Jakarta, Rabu (8/12/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dengan demikian, kata Kapolres, tidak ada kesan egosentris atau arogan antarormas yang bisa memberikan rasa tidak aman kepada warga sekitar.

Maka dari itu, lanjutnya, pihak kepolisian sudah berkomunikasi dengan seluruh pimpinan ormas agar mau menurunkan atribut yang terpasang di sejumlah tempat.

Ady memperkirakan saat ini sudah ada 50 pos ormas yang telah dialihfungsikan sebagai fasilitas warga dan ratusan bendera sudah diturunkan oleh para anggota ormas masing-masing.

Baca Juga: Unik! Ada Ormas Bernama Polokendho di Soloraya, Apa Saja Kegiatannya? 

“Saya sangat apresiasi dari teman-teman ormas secara keinginan menurunkan atribut tersebut,” jelas Ady.

Ady berharap upaya bisa membuat semua ormas di wilayahnya kompak dalam menjaga keamanan dan ketentraman warga.

Sebelumnya, beberapa wilayah di Jakarta Barat sudah melakukan penurunan atribut ormas, salah satunya di kawasan Tambora.

Hal tersebut dilakukan guna mencegah adanya gesekan antarormas dan menggunakan posko lebih bermanfaat bagi warga.

“Sebanyak 10 titik posko atau gardu telah dilakukan penertiban oleh masing-masing ketua ormas secara kesadaran sendiri,” kata Kapolsek Tambora Kompol Faruk Rozi.

Faruk mengatakan pengurus ormas yang secara mandiri mengecat posko dan menurunkan atribut, seperti bendera, serta spanduk.

Selain itu, Faruk juga mengimbau seluruh pengurus ormas yang ada di kawasan Tambora untuk bekerja sama menjaga keamanan warga dan mengharapkan kehadiran ormas memberikan rasa aman bagi warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya