top ear
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengecek suhu badan sebelum meninjau posko PPKM Kelurahan Gayam, Kecamatan/ Kabupaten Sukoharjo, Selasa (23/2/2021). Dalam kesempatan itu Kapolda juga menyerahkan bantuan masker bagi Babinsa dan Bhabinkamtibmas Gayam. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)
  • SOLOPOS.COM
    Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengecek suhu badan sebelum meninjau posko PPKM Kelurahan Gayam, Kecamatan/ Kabupaten Sukoharjo, Selasa (23/2/2021). Dalam kesempatan itu Kapolda juga menyerahkan bantuan masker bagi Babinsa dan Bhabinkamtibmas Gayam. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Kapolda Jateng Puji Posko PPKM Gayam Sukoharjo Karena Mampu Tekan Kasus Corona

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, memuji posko PPKM mikro Kelurahan Gayam, Sukoharjo yang sukses menekan angka Covid-19.
Diterbitkan Selasa, 23/02/2021 - 12:58 WIB
oleh Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani
2 menit baca

Solopos.com, SUKOHARJO -- Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi mengapresiasi kinerja posko pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro di Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Kapolda menyebut posko itu patut menjadi role model penanganan Covid-19.

Posko PPKM Gayam dinilai efektif menekan kasus positif Covid-19. Berdasarkan data per 8 Februari 2021, ada tujuh warga terpapar virus Corona di Gayam. Namun sejak diterapkan PPKM mikro kini tinggal satu warga yang masih dinyatakan positif Covid-19.
"Ini [Posko PPKM Mikro Gayam] bisa menjadi role model bagi desa atau kelurahan lain," kata Lutfi saat melakukan kunjungan ke Posko PPKM Mikro Gayam pada Selasa (23/2/2021).

Baca juga: Pedagang Pasar Klewer Solo Disuntik Vaksin Covid-19 Mulai Sabtu (27/2/2021)

Posko tersebut dibentuk menindaklanjuti kebijakan pemerintah terkait PPKM mikro. Posko PPKM mikro  dibentuk di masing-masing desa dan kelurahan ini efektif dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan terkait, termasuk jajaran TNI dan Polri.
"TNI dan Polri melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas ikut serta didalamnya melakukan kegiatan dari paling kecil sehingga diharapkan berperan dalam sosialisasi maupun kegiatan tracing penularan wabah Covid-19," katanya.
Hingga saat ini tercatat sudah ada 1.062 posko di tingkat kelurahan dan desa yang sudah terbentuk di Jawa Tengah. Seperti Posko PPMK Mikro di Kelurahan Gayam sudah lengkap di mana  ada Babinsa, Bhabinkamtibmas, bidan desa, tempat isolasi, ditambah sudah ada kampung siaga Jogo Tonggo Jogo Warga.

Baca juga: Saking Banyak Warganya Yang Kembar, Desa di Klaten Sampai Dijuluki Desa Kembar

"Saya yakin dan percaya wilayah Sukoharjo mampu menjadi kontribusi dalam rangka ikut memutus mata rantai Covid-19," katanya.
Plt. Camat Sukoharjo, Havid Danang, mengatakan PPKM mikro ini memberi efek nyata bagi warganya. Hal ini terbukti dengan berkurangnya pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kelurahan Gayam. Kegiatan yang dilaksanakan tim Satgas Covid-19 di posko PPKM mikro yakni pendataan, testing, tracing dan treatment.


Editor : Profile Kaled Hasby Ashshidiqy
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya