[ X ] CLOSE

Kapasitas RS Covid-19 di Jawa Tambah di Akhir Juli 2021

Satgas Pembangunan Rumah Sakit Darurat Covid-19 segera menyelesaikan penambahan kapasitas rumah sakit Covid-19 di empat daerah.
Kapasitas RS Covid-19 di Jawa Tambah di Akhir Juli 2021
SOLOPOS.COM - PT Pertamedika IHC menyiapkan rumah sakit modular darurat Covid-19 kedua di Simprug, Jakarta. (Bisnis-Pertamina)

Solopos.com, JAKARTA — Satuan Tugas Pembangunan Rumah Sakit Darurat Covid-19 segera menyelesaikan upaya tambah kapasitas rumah sakit Covid-19 dan konversi RSD Covid-19 di empat daerah dalam waktu dekat.

Ketua Pembangunan RSD Covid-19 Satgas Covid-19 Danis H. Sumadilaga mengatakan pihaknya akan segera menyelesaikan peningkatan kapasitas empat rumah sakit, yakni RSD Covid-19 Lapangan di Bantul, RS Umum Pusat (RSUP) dr. Sardjito di Sleman, RS Umum Daerah (RSUD) dr. Soetomo di Surabaya, dan RS Angkatan Laut (RSAL) dr. Ramelan di Surabaya. Selain itu, Danis berujar pihaknya juga sedang mengonversi Wisma Haji Donohudan di Solo menjadi RSD Covid-19 berskala sedang.

“Rata-rata selesainya akhir Juli 2021 atau awal Agustus 2021. [Nanti baru] sudah bisa dipakai,” katanya kepada Bisnis, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga: Tangkal Varian Delta, Pakar di India Sarankan Vaksinasi Covid-19 Anak

Secara terperinci, Danis mencatat pihaknya akan menambah dan 65 unit Intensive Care Unit (ICU) di RSUP dr. Sardjito. Danis berujar pihaknya akan menambah kapasitas ICU RS tersebut dengan mengonversi salah satu lantai gedung parkir RSUP dr. Sardjito.

Danis menyampaikan saat ini pihaknya sedang menyekat dan memasang sistem elektrikal, mekanikal, dan oksigen pada lantai gedung parkir tersebut. “Jadi, tidak sembarangan [konversi] ICU, kami menggunakan fasilitas yang ada [di RSUP dr.Sardjito],” kata Danis.

Sementara itu, Danis mencatat pihaknya akan menambah 30 unit kamar ICU di RSD Covid-19 Lapangan. Menurutnya, upaya tambah kapasitas perawatan Covid-19 di kedua RS tersebut dilakukan lantaran kebutuhan unit ICU di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah bertambah menjadi 200 unit akibat lonjakan kasus positif infeksi virus corona.

Surabaya & Solo

Di samping itu, Danis berujar pihaknya akan menambah kapasitas ICU di Surabaya sebanyak 75 unit. Penambahan tersebut akan dilakukan di RSUD Dr. Soetomo dan RSAL dr. Ramelan. Danis berujar penambahan unit ICU tersebut bertujuan untuk menurunkan angka rasio okupansi tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy ratio (BOR) di Kota Pahlawan.

Di Kota Solo, Danis menyampaikan sedang mengkonversi Wisma Haji Donohudan menjadi RSD Covid-19. Menurutnya, RSD Covid-19 tersebut akan memiliki 352 tempat tidur bagi pasien Covid-19 bergejala sedang.

Selain itu, lanjutnya, RSD Covid-19 Wisma Haji Donohudan juga akan menjadi tempat isolasi mandiri terpusat. Adapun gedung yang akan dipakai adalah Gedung Makkah yang ada dalam kompleks wisma haji tersebut.

Baca Juga: Simak Terbunuhnya Presiden Haiti, 12 Terluka Tembak, 8 Pelaku Diburu

“Di samping [mengonversi gedung non fasilitas kesehatan menjadi] RSD Covid-19, kami juga mendukung orang tanpa gejala dan pasien Covid-19 gejala ringan untuk isolasi terpusat. Itu untuk menghindari masyarakat yang isolasi mandiri terbantu, kalau terpusat ada bantuan gratis,” ucapnya.

Danis mengatakan sejauh ini pihaknya telah mengkonversi beberapa gedung menjadi tempat isolasi terpusat, seperti Rusun Pasar Rumput di Jakarta Selatan, Rusun Nagrak di Jakarta Utara, dan Gedung Balai Diklat di Semarang.

Seperti diketahui, data Satgas Penanganan Covid-19 menunjukkan bahwa lonjakan tertinggi kasus Covid-19 pada pekan ini atau per 14 Juni 2021 terjadi di lima provinsi, yaitu yaitu Provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur. Adapun, perincian peningkatan kasus di lima provinsi tersebut adalah 7.132 kasus di DKI Jakarta, Jawa Tengah 4.426, Jawa Barat 2.050, dan Yogyakarta 973 kasus.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago