SOLOPOS.COM - Ilustrasi minum vitamin (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA--Tak sedikit orang minum vitamin untuk menjamin kebutuhan asupan gizi tubuh saat menjalankan ibadah puasa. Tapi sebenarnya perlu enggak sih kita mengonsumsi suplemen tambahan dan kapan waktu yang tepat?

Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini. Seberapa penting minum vitamin saat puasa? Untuk mengetahui seberapa pentingnya suplemen vitamin yang dikonsumsi saat puasa, kamu harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan kegiatan yang dilakukan. Semua ini juga tergantung pada makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka, sehingga diketahui apakah tubuh kamu kekurangan nutrisi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari halodoc, hal lainnya yang harus diketahui adalah minum vitamin saat puasa dapat mengurangi manfaat kesehatan saat puasa. Selain itu, kamu juga dapat mengurangi efek positif dari suplemen yang sebenarnya. Maka dari itu, perlu dilakukan pertimbangan yang serius hingga bertanya langsung pada ahli medis terkait hal tersebut.

Baca Juga: Minuman Energi Bisa Picu Gagal Jantung? Ini Penjelasannya

"Tetap dianjurkan sumbernya [vitamin] adalah dari makanan yang dikonsumsi. Tapi, kalau susah, bisa salah satu dibantu suplemen," kata ahli gizi dari Universitas Indonesia Mochamad Aldis Ruslialdi, dikutip dari Antara, Senin (19/4/2021).

Menurut Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Inggrid Tania, minum vitamin sangat dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh, terutama saat menjalankan ibadah puasa. Suplemen atau vitamin yang dibutuhkan terdiri dari vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D3, mineral Zinc, dan herbal imunomodulator.

Inggrid mengatakan, suplemen vitamin ini bisa diminum karena jarang menimbulkan efek samping. Ini karena terbuat dari bahan-bahan alami. Lalu kapan waktu yang tepat untuk minum vitamin saat puasa?

Baik Aldis maupun Inggrid, keduanya menyarankan agar tetap minum suplemen vitamin saat puasa di waktu sahur dan berbuka puasa. Ini karena penyerapan beberapa mikronutrien akan lebih optimal jika didampingi dengan nutrisi lainnya.

Baca Juga: Hindari Gorengan Untuk Buka Puasa, Ini Alasannya

"Misal vitamin A,D,E, dan K yang optimal diserap saat kita konsumsi cukup lemak sehat. Atau zat besi yang akan lebih optimal diserap saat kita mengkonsumsi vitamin C," jelas Aldis.

Untuk itu, Inggrid memberikan rekomendasi waktu yang tepat untuk minum vitamin atau suplemen saat menjalankan ibadah puasa, yaitu:

- Konsumsi vitamin D2 setelah berbuka puasa.
- Suplemen herbal imunomodulator sebelum makan sahur.
- Suplemen vitamin B kompleks, vitamin C, dan zinc setelah makan sahur.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya