Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Kapan Mobil Harus Ganti Oli Biar Performa Mesin Tetap Oke

Pemilik kendaraan bermotor khususnya mobil sebaiknya harus tahu kapan mobil harus ganti oli. Sehingga performa mesin tetap optimal.
SHARE
Kapan Mobil Harus Ganti Oli Biar Performa Mesin Tetap Oke
SOLOPOS.COM - Ilustrasi, Ganti oli mobil. (Suzuki.co.id)

Solopos.com, SOLO — Pemilik kendaraan bermotor khususnya mobil sebaiknya harus tahu kapan mobil harus ganti oli. Sehingga performa mesin mobil tetap optimal saat digunakan.

Untuk diketahui mengganti oli secara rutin juga mencegah kerusakan pada mesin mobil. Sehingga pemilik mobil harus mengetahui kapan waktu yang tepat ganti oli mobil.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Memang untuk mengetahui kapan waktunya mobil harus ganti oli, ada beberapa acuan yang biasanya digunakan pemilik mobi,

Dikutip Solopos.com dari Daihatsu.co.id dan Suzuki.co,id, patokan untuk kapan mobil harus ganti oli, ada yang menggunakan kilometer atau jarak tempuh.

Namun, selain mengacu pada jarak tempuh berapa kilometer ada juga yang berpedoman pada kondisi mesin saat melaju di jalan raya.

Baca juga: Panduan Cara Beli Tiket GIIAS 2022 yang Hanya Dijual Online

Berapa kilometer.

Bagi mereka yang mengacu pada kilomter untuk menentukan kapan mobil harus ganti oli, maka jika menggunakan oli full sintetik setelah jarak tempuh 10.000 km atau selama pemakaian 6 bulan sekali.

Jarak tempuh tersebut hanya untuk mobil yang menggunakan oli full sintetik. Namun, jika menggunakan oli bercampur mineral, penggantian oli setelah mobil dipakai 5000 km.

Mesin terasa berat

Tanya lainnya adalah ketika tarikan mesin terasa berat maka saatny oli mesin diganti. Hal ini karena kualitas oli menurun sehingga gesekan di mesin semakin tinggi.Mesin

Mesin Bergetar sangat kuat

Saat kondisi mesin dalam keadaan putaran idle, ada getaran yang sangat kuat pada mesin mobil. Getaran ini akan terasa dan terdengar. Ini saat mengganti oli mobil Anda.

Baca juga: Waspadai Tiga Hal Penyebab Kebocoran Selang Radiator Mobil

Suara mesin sangat kasar

Tanda lainnya kapan mobil harus ganti oli adalah, ketika menghidupkan mesin mobil terdengar suara mesin mobil lebih kasar dari biasanya. Ini menandakan oli harus diganti.

Kualitas oli menurun

Oli yang masih baru akan memiliki tekstur yang licin, lengket dan warnanya bening. Sementara oli pada mesin yang sudah lama digunakan akan berubah warna menjadi coklat hitam keruh.

Oli yang berubah warna menjadi hitam bisa menjadi penanda bahwa sudah saatnya oli mesin diganti.

 

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode