SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Servis mobil. (Auto2000.co.id)

Solopos.com, SOLO — Kendaraan pribadi seperti mobil tentu harus dirawat agar tetap nyaman dan aman saat melaju di jalan raya. Jadi Anda harus tahu kapan mobil harus diservis.

Dikutip dari Carmudi.co.id dan Auto2000.co.id, dengan mengetahui waktu servis mobil, pemilik mobil akan mendapat sejumlah keuntungan untuk kendaraannya.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Karena dengan servis, akan menjaga performa mesin mobil. Karena pada saat servis tentu akan ada penggantian oli mesin, pengecekan filter oli mesin dan penggantian komponen yang sudah tidak berfungsi maksimal.

Selain itu dengan melakukan servis secara berkala sesuai acuan atau rekomendasi dari bengkel, mobil akan lebih irit atau tidak boros dalam konsumsi BBM.

Ekspedisi Mudik 2024

Tak kalah menguntungkan lagi jika pemilik mobil melakukan servis rutin, saat hendak menjual kendaraan tersebut harganya tidak terlalu jauh atau jatuh.

Baca juga: Daftar Mobil Favorit GIIAS 2022, dari SUV hingga Mobil Listrik

Sering orang kebingungan menentukan kapan mobil harus diservis. Ada yang berpedoman pada jarak tempuh dengan patokan sekian ribu kilometer baru servis.

Ada juga yang mengandalkan pada waktu pemakaian. Yakni mobil sudah digunakan berapa bulan, jika sudah mencapai waktu itu baru dilakukan servis.

Padahal dengan hanya mengandalkan pedoman tersebut belum tentu tepat, mengingat kinerja mobil tidak hanya berdasarkan pada waktu pemakaian atau jarak tempuhnya.

Hal ini karena mobil yang digunakan harian atau untuk aktivitas kerja terutama di kota besar, kinerjanya lebih berat. Apalagi jika terjebak kemacetan.

Baca juga: Benarkah Campur Bensin dengan Minyak Kayu Putih Bikin Irit

Jadi kapan mobil harus diservis agar kondisi mesin tetap optimal dan berkendara tetap aman dan nyaman tanpa muncul kendala saat digunakan.

Servis untuk mobil dimulai dari servis dengan jangka waktu 1 bulan atau 1.000 km. Selanjutnya, service berkala selanjutnya maksimal 6 bulan sekali atau kelipatan 10.000 km.

Selanjutnya, kelipatan 50.000 km atau 100.000 km, maka Anda dapat melakukan pengecekan secara menyeluruh atau servis besar-besaran agar mobil tetap aman dan nyaman.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya