SOLOPOS.COM - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukkam) Mahfud MD. (Antara-Jojon)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berharap hasil Pilkada Serentak 2020 bisa diketahui cepat.

Paling tidak hasil Pilkada 2020 bisa diketahui pada Rabu (9/12/2020) sore atau maksimal Kamis (10/12/2020) pagi. Meski, secara resmi hasil Pilkada Serentak 2020 adalah yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Mudah-mudahan tanggal 9 sore atau tanggal 10 [Desember 2020] pagi, kita semua masing-masing sudah tahu hasil pilkada. Meskipun pengumuman resminya tentu masih harus menunggu beberapa waktu lagi,” kata Mahfud seperti dikutip Bisnis.com dari YouTube Kemenko Polhukan RI, Rabu (9/12/2020).

Kapolresta & Dandim Solo Pimpin Pengamanan di TPS Gibran Mencoblos

Dalam kesempatan itu, Mahfud MD juga mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada hari ini di Pilkada Serentak 2020. Dia menyarankan masyarakat memilih pemimpin yang baik.

“Saya berpesan kepada saudara-saudara, hari ini, tanggal 9 Desember [2020] ini datanglah ke tempat pemungutan suara [TPS]. Berikan suara saudara untuk memilih pemimpin saudara, untuk memilih kepala daerah Saudara. Pilihlah yang baik pemimpin saudara,” ujarnya.

Kenakan Batik Truntum ke TPS, Cawali Solo Bagyo Wahono Optimistis Menang

Jangan Golput

Menurut Mahfud, pilkada serentak ini akan menentukan keadaan daerah dalam lima tahun ke depan. Untuk itu, dia meminta masyarakat untuk menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknya alias tidak golput.

Mahfud MD juga mengingatkan agar semua elemen dalam Pilkada Serentak 2020, mulai dari petugas hingga pemilih secara disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin memantau hasil sementara Pilkada Serentak 2020 dapat mengakses di laman resmi https://pilkada2020.kpu.go.id.

Begini Cara Polisi Solo Ingatkan Pemilih Taati Protokol Kesehatan di TPS

Masyarakat tinggal menentukan akan memantau pemilihan gubernur atau pemilihan bupati/wali kota. Setelahnya, tinggal menentukan daerah pemilihan yang ingin dipantau hasil pemungutan suaranya.

Di sisi lain, pesta demokrasi pada hari ini diselenggarakan serentak di 270 wilayah di Indonesia, meliputi sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Seperti disampaikan Mahfud MD, Pilkada 2020 yang dilaksanakan pada masa pandemi Covid-19 berbeda. Semua elemen yang terlibat di dalamnya wajib melaksanakan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya