Kapan Harus Periksa Indera Pendengaran, Ini Kata Dokter

Menjaga kesehatan pendengaran sangat penting dilakukan. Namun ketika ada gangguan pendengaran, masyarakat diharapkan bisa segera memeriksakannya.
Kapan Harus Periksa Indera Pendengaran, Ini Kata Dokter
SOLOPOS.COM - Ilustrasi telinga (Medicinenet.com)

Solopos.com, SOLO – Menjaga kesehatan pendengaran sangat penting dilakukan. Namun ketika ada gangguan pendengaran, masyarakat diharapkan bisa segera memeriksakannya.

Ada beberapa pertanyaan yang disampaikan Sahabat JIH dalam Health Talk RS JIH Solo dengan tema World Hearing Day yang disiarkan di YouTube RS JIH Solo 4 Maret 2022 lalu. Di antaranya adalah mengenai waktu yang tepat untuk memeriksakan kesehatan pendengaran.

Surat untuk Bunda Selvi Gibran

Dokter spesialis THT dari Rumah Sakit (RS) JIH Solo, Dimas Adi Nugroho, mengatakan tidak ada acuan khusus mengenai seberapa sering harus memeriksakan pendengaran. Namun yang jelas, ketika ada keluhan pendengaran, harus segera diperiksakan ke dokter.

“Soal kapan periksa pendengaran, ya ketika ada keluhan segera periksa jangan ditunda-tunda,” jelas dia.

Menurutnya gangguan pendengaran yang biasanya dikhawatirkan adalah adanya kotoran yang menumpuk atau serumen. Secara umum, mengenai kotoran telinga tersebut, menurutnya tidak perlu dikontrol. Sebab sebagian besar kotoran telinga sebenarnya bisa jatuh atau bersih sendiri, sehingga tidak perlu dibersihkan atau dikorek-korek.

Baca Juga: Sering Memakai Headphone, Ini Saran Dokter THT RS JIH

Bahkan pihaknya tidak menganjurkan penggunaan alat-alat tertentu untuk membersihkan kotoran telinga seperti cotton bud.

“Memang ada sedikit kasus kotoran telinga ini bisa menumpuk. Mungkin karena jenis kotoran yang lengket atau karena kondisi telinga yang mengalami gangguan bentuk, misalnya menyempit. Kondisi ini yang dianjurkan kontrol [enam bulan sekali]. Sebab kalau tidak dibersihkan bisa menumpuk,” jelas dia.

Kemudian bagaimana ketika telinga kemasukan air? Pada umumnya air yang masuk ke telinga juga dapat keluar dengan sendirinya, meski membutuhkan waktu.

Baca Juga: Ini dia, Tips Buka Puasa dan Sahur Agar Nyaman dari RS JIH Solo

Bisa juga dengan dipacing dengan memasukkan air lagi ke telinga kemudian mengarahkan lubang telinga kebawah, sehingga air akan keluar.

Namun dalam beberapa kasus, air yang masuk ke telinga akan sulit keluar. Salah satunya ketika adanya kotoran di dalam telinga, atau ketika ada radang di dalam telinga. Dengan begitu air akan tetap terjebak di dalam telinga. Jika kondisi tersebut terjadi, maka harus diperiksakan untuk dilakukan tindakan.

“Untuk membersihkan kotoran itu dapat dibawa ke dokter,” kata dia. Dia juga menyarankan ketika ada keluhan lain yang tidak wajar pada pendengaran, bisa segera diperiksakan ke dokter THT, seperti yang ada di RS JIH Solo.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terpopular
    Indeks Berita
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago