Kapal Pengayoman IV Milik Kemenkum HAM Terbalik di Cilacap, 2 Meninggal 5 Selamat

Kapal Pengayoman IV milik Kemenkum HAM terbalik di Cilacapn karena embusan angin kencang yang membuat kapal terbalik.
Kapal Pengayoman IV Milik Kemenkum HAM Terbalik di Cilacap, 2 Meninggal 5 Selamat
SOLOPOS.COM - Kapal Pengayoman IV tenggelam di Cilacap. (Basarnas Cilacap)

Solopos.com, CILACAP — Kecelakaan air terjadi di Cilacap, Jateng. Kapal Pengayoman IV milik Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) terbalik dan tenggelam antara Dermaga Wijayapura menuju Dermaga Sodong Nusakambangan, Cilacap. Du anak buah kapal (ABK) dilaporkan meninggal dunia, sementara 5 lainnya selamat.

Kapal ini merupakan alat transportasi utama pegawai dan sipir Kemenkum HAM menuju di LP Nusakambangan.

Peristiwa nahas ini terjadi pada Jumat (17/9/2021) sekitar pukul 08.45 WIB saat Kapal Pengayoman IV berangkat dari Dermaga Wijayapura menuju Dermaga Sodong.

“Kapal Pengayoman IV berangkat dari Dermaga Wijayapura Cilacap pukul 08.45 WIB menuju Dermaga Sodong Nusakambangan dengan membawa 2 truk, di tengah perjalanan ± 1,8 Km dan akan melakukan manuver sandar, diduga kapal terhantam angin dan arus kemudian kapal terbalik dan tenggelam,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya, dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Jumat.

Baca Juga: Cari Ikan Bocah Ponorogo Tenggelam di Sungai Urung-Urung

Sementara itu Kabag Humas Kementerian Hukum dan HAM Tubagus Erif Faturahman, mengatakan dua korban meninggal adalah petugas lapas dan pekerja proyek.

Erif mengatakan Sesditjen Pemasyarakatan langsung menuju ke Nusakambangan untuk memonitor dan berkoordinasi dengan Kakanwil Jateng setelah mendapat laporan soal kapal penyeberangan Pengayoman IV tenggelam. Setelah itu, pihaknya melakukan evakuasi dan mendapati hanya ada empat orang selamat dari enam penumpang kapal tersebut.

“Sesuai dengan laporan awal Kalapas 1 Batu Nusakambangan, langkah-langkah yang telah diambil sebagai berikut, mengerahkan kapal Pengayoman dan compreng untuk membantu evakuasi, berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk membantu evakuasi dan pertolongan,” kata Erif.

“Dari hasil evakuasi sementara, enam orang dievakuasi, empat orang selamat,” sambungnya.

Baca Juga: KMP Yunice Tenggelam di Perairan Gilimanuk, 44 Selamat

Angkut Truk Tronton

Empat orang yang selamat itu adalah nakhoda kapal dan awak kapal, sementara dua orang lainnya tak terselamatkan.

Namun, berdasarkan informasi dari Basarnas Cilacap, Kapal Pengayoman IV yang tenggelam di perairan Cilacap itu mengangkut 7 orang. Yakni seorang nakhoda, 2 ABK, serta 5 orang lainnya adalah sopir truk, petugas lapas dan seorang penumpang.

Diketahui kapal Pengayoman IV milik Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan Kemenkumham tenggelam saat menyeberang dari Dermaga Wijayapura

Saat melakukan manuver sandar tersebut kapal yang mengangkut dua truk tronton itu kemudian miring. Angin di sekitar lokasi juga berembus kencang dan mengakibatkan kapal terbalik.

Baca Juga: KM Bandar Nelayan Tenggelam, 20 WNI Berhasil Diselamatkan Kapal Ikan Jepang

“Kronologinya itu menyeberang, saat di tengah-tengah antara dermaga keberangkatan Wijayapura menuju Sodong, Nusakambangan, di pertengahan penyeberangan itu, anginnya kencang dan langsung kapal itu terbalik,” kata Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya.

 

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago