SOLOPOS.COM - Sebuah kapal yang memuat pupuk mengalami kebakaran di perairan Teluk Penyu, Cilacap, Rabu (1/12/2021). (Solopos.com-Basarnas Cilacap)

Solopos.com, CILACAP — Sebuah kapal kargo bermuatan pupuk mengalami kebakaran di perairan Teluk Penyu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (1/12/2021). Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, hampir seluruh anak buah kapal (ABK) yang ada di kapal tersebut berhasil diselamatkan.

Kepala Kantor Basarnas Cilacap, I Nyoman Sidakarya, dalam keterangan resmi yang diterima Solopos.com, menyebutkan ada 26 ABK yang ada di kapal bermuatan pupuk itu. Dari 26 ABK itu, 25 orang di antaranya sudah berhasil dievakuasi, sedangkan lima orang di antarannya masih berada di kapal untuk pemadaman.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nyoman menyebutkan informasi awal yang diterima dari ABK kapal tersebut, kebakaran melanda kapal yang memuat Pupuk Sriwijaya (Pusri) itu terjadi sekitar pukul 07.15 WIB. “Setelah mengetahui informasi itu kami langsung memberangkatkan satu regu ke lokasi untuk membantu pemadaman api,” ujar Nyoman.

Baca juga: Ini Penyebab Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap versi Kapolda Jateng

Nyoman mengaku belum mengetahui asal titip api itu. Berdasarkan pengakuan para ABK, api itu tiba-tiba muncul ditandai dengan asap tebal.

Selain Basarnas, kata Nyoman, upaya evakuasi ABK dan pemadaman kapal itu juga melibatkan personel Pangkalan TNI Angkatan Laut Cilacap, Satuan Polisi Perairan Kepolisian Resor Cilacap, Pertamina, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Cilacap.

Baca juga: Innalilahi! 10 Bulan, 150 Orang di Cilacap Tewas, Ini Pemicunya

“Sampai saat ini pemadaman masih terus dilakukan oleh tim SAR gabungan dengan menggunakan kapal tugboat milik Pelindo dan Pertamina. Sementara kita fokus kepada evakuasi ABK,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya