SOLOPOS.COM - Ilustrasi melihat Twitter. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Twitter telah memberi tahu karyawan bahwa gedung perkantoran perusahaan tutup sementara setelah pemiliknya yang baru, Elon Musk, mengeluarkan ultimatum kepada karyawan. Ternyata hal ini ada penyebabnya, simak ulasannya di info teknologi kali ini.

“Tetap bersama perusahaan bekerja berjam-jam dengan intensitas tinggi atau berhenti dengan pesangon tiga bulan,” kata Elon Musk sebagaimana dilansir Bloomberg pada Jumat (18/11/2022).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari BBC, Minggu (20/11/2022), para pekerja Twitter yang telah dibeli Elon Musk itu diberitahu bahwa kantor tutup dan akan dibuka kembali pada Senin (21/11/2022).   Itu tidak memberikan alasan untuk pindah.

Pengumuman itu muncul di tengah laporan bahwa sejumlah besar staf berhenti setelah pemilik baru Elon Musk meminta mereka untuk mendaftar “berjam-jam dengan intensitas tinggi” atau pergi.

Baca Juga: Mengenal Batik Sulawesi Tengah seperti Dipakai Elon Musk di B20 Summit

Pesan itu selanjutnya mengatakan: “Silakan terus mematuhi kebijakan perusahaan dengan tidak membahas informasi rahasia perusahaan di media sosial, dengan pers atau di tempat lain.”

Laporan tersebut disambut dengan kekhawatiran dari serikat pekerja dengan Prospect, serikat pekerja teknologi, yang meminta Twitter Inggris untuk bertemu terkait perlakuan terhadap karyawannya.

“Kami tidak akan membiarkan pembuatan P&O digital ini berlalu begitu saja,” kata Mike Clancy, sekretaris jenderal Prospect, mengacu pada keputusan operator feri untuk memecat staf dan menggantinya dengan pekerja agen awal tahun ini.

Ada tanda-tanda bahwa sejumlah besar pekerja Twitter yang kantornya ditutup itu telah mengundurkan diri karena mereka belum menerima persyaratan baru Elon Musk.

Baca Juga: Kantor Twitter Ditutup Senin, Karyawan Mulai Diusir

Salah satu mantan karyawan Twitter, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan kepada BBC,”Saya pikir ketika debu hilang hari ini, mungkin akan ada kurang dari 2.000 orang yang tersisa.”

Mereka mengklaim semua orang di tim mereka telah dipecat. “Manajer tim itu, manajernya diberhentikan. Dan kemudian manajer manajer itu diberhentikan. Orang di atasnya adalah salah satu eksekutif yang diberhentikan pada hari pertama. Jadi tidak ada yang tersisa dalam rantai komando itu.”

Seorang lagi mengatakan mereka telah mengundurkan diri meskipun mereka telah siap bekerja berjam-jam. “Saya tidak ingin bekerja untuk seseorang yang mengancam kami melalui email berkali-kali tentang ‘tweeps luar biasa yang harus bekerja di sini’ ketika saya sudah bekerja 60-70 jam sepekan,” kata mereka.

Kabar Twitter yang telah dibeli Elon Musk tutup  itu rupanya menyebar dengan cepat. Alhasil topik terkait perusahaan Twitter menjadi tren di Amerika Serikat (AS) setelah berita tersebut masuk trending topic di AS, seperti tagar #RIPTwitter, Twitter HQ, Apparently Twitter, dan $44 billion, yang merupakan harga pembelian jejaring sosial tersebut oleh Elon Musk.

Hal serupa juga terlihat di Indonesia tagar #RIPTwitter sempat menjadi trending topic di Twitter pada Sabtu (20/11/2022) malam. Tak sedikit warganet mengungkapkan perasaan mereka terkait kabar tersebut.

Baca Juga: Reaksi Gibran & Kaesang Soal Foto Ibu Negara Iriana Jokowi Dijadikan Meme

“Twitter adalah tempat gue update ttg semua berita berita dunia, klo twitter tutup gue bakal jd org terkudet keknya,”  cuit @cantyna_na.

“Dimana lagi mau ngeluh, kalo ga disini. Ngeluh di ig dibilang alay,” cuit @Mhmdky3.

“Malming rebahan sambil nunggi kabar jadi #RIPTwitter tdk. Twitter itu cikal bakal munculnya Cebong & Kadrun,” cuit @rajatikam.

“#RIPTwitter nggak punya IG aku masih gapapa, tapi kalau udah nggak ada twitter aku bisa apa,” cuit @AITHFHMA.

“Kabare twitter arep ditutup Pripun Gusti? Bakale jodohku seko twitter mboten? Nek mboten nggih mpun, Lon Elon tutup karepmu buka cabang yo karepmu,” cuit @CalonBarista.

“Ada apa dengan #RIPTwitter kenapa harus #GoodByeTwitter?” tanya @cak_furi1.

“Sebelum Twitter tutup, Bang Elon kudu tau ini! Jan ngadi ngadi bang #RIPTwitter,” cuit @Kirasnasndra

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya