SOLOPOS.COM - Ilustrasi lockdown karena pandemi virus corona. (Freepik)

Solopos.com, KULONPROGO — Kantor Dinas Pariwisata (Disparta) Kabupaten Kulonprogo kembali dibuka setelah ditutup hampir sepekan lantaran sejumlah pegawai terpapar Covid-19. Pelayanan di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo dilakukan oleh pegawai yang negatif Covid-19.

Kepala Disparta Kabupaten Kulonprogo, Joko Mursito, mengatakan kantornya sudah kembali diibuka sejak Senin (21/6/2021). Langkah itu sudah ia dikoordinasikan dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Pegawai yang memberikan pelayanan dilakukan oleh pegawai yang dinyatakan negatif Covid-19. Kekuatan yang ada kami olah untuk menjalankan pelayanan dan laju birokrasi di Dinas Pariwisata,” kata Joko pada Kamis (24/6/2021).

Total aparatur sipil negara plus tenaga harian lepas (THL) yang bertugas di kantor Disparta sebanyak 45 orang. Sebanyak 15 pegawai di antaranya dinyatakan negatif Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR. “Sedangkan, sisanya yakni 30 orang pegawai masih melakukan isolasi mandiri. Mereka terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga harus menjalani isolasi mandiri,” kata Joko.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Razia Prokes Kembali Digencarkan

“Mereka memang belum kami perbolehkan masuk sampai durasi (isolasi mandiri) selesai. Mereka harus benar-benar mendapat rekomendasi atau izin selesai isolasi dari puskesmas tempat mereka tinggal untuk bisa beraktivitas kembali,” sambung Joko.

Prokes Longgar

Ia tidak memungkiri terpaparnya sejumlah pegawai Disparta akibat longgarnya penerapan protokol pencegahan penularan Covid-19. Terlebih, intensitas pertemuan pegawai dengan pihak luar juga cukup tinggi sehingga riskan terpapar Covid-19.

“Saya akan tegas lagi ke depan agar ini tak terulang kembali. Jadi, mulai sekarang kami ingatkan terus agar mereka benar-benar memakai masker jika perlu dobel. Rajin cuci tangan, usahakan jaga jarak, hindari kerumunan, dan bawa hand sanitizer,” tegas Joko.

Sebagai informasi, klaster penularan Covid-19 di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo meluas. Berdasarkan catatan gugus tugas penanganan Covid-19 kabupaten Kulonprogo, terdapat penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak delapan kasus.

Baca Juga: Cegah Penularan Covid-19, Kru Angkutan Umum di DIY Divaksin Covid-19

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati, mengatakan total pegawai Disparta kabupaten Kulonprogo yang terpapar Covid-19 sebanyak 30 orang.

“Perkembangan kasus Dinpar Kabupaten Kulonprogo, terdapat penambahan sebanyak delapan kasus positif sehingga total pegawai Dinas Pariwisata positif sebanyak 30 orang,” kata Baning beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, penelurusan kontak erat juga sudah dilakukan. Sebanyak 72 orang yang merupakan keluarga dari pegawai Disparta yang terpapar Covid-19 sudah dilakukan tes swab antigen.

“Kami juga sudah melakukan tracing kepada anggota keluarganya sebanyak 72 orang. Upaya tes swab antigen juga sudah dilakukan. Sebanyak 15 orang positif dan 15 negatif dan sisanya masih menunggu hasil swab,” kata Baning.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya