SOLOPOS.COM - Skuat Timnas Indonesia saat beruji coba melawan Afghanistan. (dok/PSSI).

Solopos.com, DUBAI—Timnas Indonesia memang sudah harus menutup buku untuk lolos ke Piala Dunia 2022. Kekalahan beruntun di lima laga awal Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia membuat Tim Garuda sudah pasti tersingkir dari gelanggang.

Namun mereka kini memiliki tekad baru, menjaga harga diri dan merusak mimpi para pesaing untuk lolos ke babak selanjutnya. Duel melawan Thailand di Stadion Al Marktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Kamis (3/6/2021) (Live SCTV pukul 23.15 WIB), menjadi ujian pembuktian Timnas bahwa mereka bukan sekadar penggembira.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Thailand masih berpeluang lolos ke babak ketiga kualifikasi meski masih berada di posisi ketiga dengan delapan poin. Thailand tertinggal tiga poin dari Vietnam di puncak klasemen dan satu poin dari Malaysia di posisi kedua.

2 Pemain Terakhir Incaran Persis Solo, Evan Dimas atau Fabiano Beltrame

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan tim tetap akan tampil habis-habisan di tiga laga kualifikasi tersisa meski peluang lolos sudah tertutup. Shin pun tak gentar dengan Thailand meski di pertemuan pertama di kualifikasi Timnas kalah telak 0-3.

Saat itu Timnas masih dilatih Simon McMenemy. Secara khusus Shin menyoroti keberadaan Akira Nishino di pos pelatih Thailand. Dia menilai Akira pelatih yang berkualitas karena mampu membawa Jepang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.

“Dia pelatih bagus dan sangat berpengalaman,” ujar  Shin dilansir pssi.org.

Musim Pertama dan Terakhir Bhayangkara FC di Solo

 

Generasi Baru

Sang pelatih terus memacu mental anak asuhnya agar tak gentar menghadapi Thailand, tim yang hanya mampu sekali dikalahkan Timnas dalam satu dekade terakhir. Pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan Timnas kini diisi generasi baru dengan masa depan yang lebih baik.

Di sisi lain, Shin sendiri harus memutar otak agar tidak kembali diberondong gol oleh Thailand. Jelang laga, Timnas harus kehilangan dua stoper yakni Andi Setyo yang cedera hamstring dan Nurhidayat yang dipulangkan karena alasan indisipliner.

Timnas bakal sangat bergantung dengan Ryuji Utomo dan Rahmad Irianto sebagai palang pintu di lini belakang.

Skuat Timnas Inggris untuk Euro 2020 Diumumkan, Ini Daftarnya

Thailand pun enggan meremehkan Timnas yang belum pernah memetik satu pun poin di kualifikasi. “Saya pikir setiap tim dapat menciptakan masalah bagi Thailand. Kami tak boleh ceroboh,” ujar gelandang Thailand, Phittiwat Sukjitthammakul.

Pelatih Thailand, Akira Nishino, mengingatkan pentingnya determinasi untuk meredam perlawanan Evan Dimas dkk. “Kami akan bermain sebaik mungkin melawan Indonesia. Kami ingin menang di pertandingan itu,” ucap Nishino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya